Rohit Chand Pemain Asia Terlama Persija, Singapura Sumbang Pemain Terbanyak

Penulis: Dayat Huri
Minggu 25 Okt 2020, 09:00 WIB
Rohit Chand jadi pemain Asia terlama yang memperkuat Persija Jakarta

Rohit Chand/foto dok Persija

Berita Liga 1 Indonesia: Semenjak diberlakukannya regulasi yang mewajibkan satu pemain Asia dari total empat pemain asing untuk klub-klub kasta tertinggi sepak bola tanah air, Persija Jakarta tercatat telah mendatangkan 11 pemain Asia. Dari jumlah tersebut, Rohit Chand menjadi pemain Asia terlama yang membela panji Macan Kemayoran.

Rohit Chand sendiri sudah memperkuat tim dalam dua periode yakni 2013-2015, dan 2017 hingga saat ini. Puncak penampilannya terjadi di musim 2018 lalu, ia sukses membantu Persija Jakarta meraih gelar juara Piala Presiden dan Liga 1. Tak hanya itu ia didaulat sebagai pemain terbaik di kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air itu.

Untuk negara penyumbang pemain Asia terbanyak adalah Singapura. Total ada empat pemain asal negara tersebut yang membela Macan Kemayoran, yaitu Baihakki Khaizan (2009-2010), Mustafic Fachruddin (2009-2010), Precious Emuejeraye (2010-2012), dan Agu Casmir (2010-2011).

Penyumbang terbanyak kedua dari Korea Selatan. Secara keseluruhan ada tiga pemain. Pertama ada Jeong Kwan Sik yang datang di musim 2011/2012. Selama perkuat Macan Kemayoran tercatat dua gol disumbangkannya dari 17 pertandingan. Lalu ada Park Kyeong Min pada musim 2013, ia sendiri berhasil melesakkan 2 gol dari 12 pertandingan.

Selanjutnya ada Hong Soon-hak merupakan gelandang enerjik asal Korea Selatan, ia btampil sebanyak 30 kali dengan mencatat waktu bermain selama 2392 menit. Selain itu, Hong Soon-hak berhasil menyumbangkan tiga gol.

Selanjutnya ada pemain asia dari Hong Kong, yaitu Lam Hok Hei. Dari lima laga yang dilakoninya, ia tidak dapat memberikan satu gol pun. Saat itu, sulit untuk beradaptasi disinyalir menjadi penyebabnya.

Nama lainnya yang pernah dikontrak adalah Jakhongir Abdumuminov. Pemain asal Uzbekistan yang didatangkan untuk menggantikan Rohit Chand ini hanya bermain satu pertandingan kontra PS Tira pada 17 Februari 2019.

Lalu nama berikutnya adalah Reinaldo Elias da Costa. Pemain asal Brasil berpaspor Australia itu diboyong dari PSM Makassar pada Agustus 2017. Pemain berusia 33 tahun itu mencetak tiga gol dalam empat pertandingan bersama Persija Jakarta sebelum cedera patah tulang pada bagian pergelangan kaki menimpanya.

Artikel Tag: rohit chand, persija jakarta, Liga 1

1145  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini