Robert Ungkap Harapannya Untuk Manager Meeting PT. LIB Besok

Penulis: M. Aldi
Rabu 02 Jun 2021, 19:15 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : PT. Liga Indonesia Baru akan menggelar manager meeting untuk kontestan Liga 1 dan 2. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts melayangkan harapan terkait format kompetisi dan regulasi.

Manager meeting tersebut rencananya digelar virtual pada Kamis (3/6) besok. Besar harapan Robert supaya PT. Liga Indonesia Baru bisa memberi kepastian resmi dalam bentuk surat terkait gelaran Liga 1 2021/2022 mendatang.

Selain penjelasan konkret mengenai format liga. "Saya harap kami mendapatkan surat resmi dan persetujuan resmi bahwa liga akan dimulai. Dan juga didiskusikan bagaimana format liga nanti, apa alternatif dan opsinya," kata dia dalam wawancara secara virtual, Rabu (2/6).

Rencananya kompetisi digelar dalam format series dan juga bubble to bubble. Akan ada enam series sepanjang kompetisi dan setiap klub tentu tidak bisa bermain di kandangnya. Robert pun mempertanyakan kenapa format tersebut dipilih dan tidak menggelar kompetisi seperti biasa.

"Saya pribadi mempertanyakan soal laga home and away yang normal seperti yang dilakukan di negara lain di dunia. Jadi mari kita lihat nanti. Harapan saya pribadi liga dimulai pada Juli dan kami bermain dalam format liga yang normal home and away," jelas pria 66 tahun ini.

Selain itu, pelatih Persib asal Belanda ini ingin dapat kepastian mengenai regulasi pemain. Seperti kejelasan soal berapa jumlah pemain asing yang bisa didaftarkan. Atau kriteria pemain muda yang wajib didaftarkan.

Menurutnya jika memang ada perubahan, tidak diumumkan secara mendadak. Dari tahun ke tahun, kebiasaan itu kerap dilakukan dan tidak seharusnya terjadi. Andai ada perubahan maka sebaiknya diberlakukan di musim depan.

"Itu juga jadi hal yang setiap tahun regulasinya mengalami perubahan, dan pemberitahuannya sesaat sebelum liga dimulai. Harapan saya dengan kepemimpinan baru di otoritas sepakbola Indonesia, perubahan dilakukan tidak mendadak," ujarnya.

"Jika ingin menerapkan aturan baru seperti pengurangan pemain asing, soal kategori pemain muda di dalam tim, apakah Liga 2 bisa memakai pemain asing, ini semua harus dipersiapkan dan jangan diumumkan hanya sesaat sebelum musim dimulai," lanjutnya.

"Itu pengalaman saya di sepakbola Indonesia sejauh ini, harus direncanakan, jadi kamu bisa katakan 'oke, musim depan kami mulai menerapkan ini' jadi tim, klub, pemain dan staf bisa mempersiapkan itu," tutup eks pelatih Arema dan PSM tersebut.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Liga Indonesia Baru

354  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini