Robert Kukuh Bawa Persib Berlatih Saat Klub Lain Mulai Dibubarkan

Penulis: M. Aldi
Selasa 27 Okt 2020, 08:30 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Sejumlah klub Liga 1 2020 sudah memutuskan untuk membubarkan diri dan menghentikan agenda latihan. Namun Robert Rene Alberts masih ngotot memberikan menu latihan kepada para pemain Persib Bandung.

Sebagian besar kontestan Liga 1 2020 memang sudah memilih untuk menuntaskan sementara kegiatan mereka. Pemain dapat jatah untuk berkumpul dengan keluarga meski tetap diberi program menjaga kebugaran secara mandiri.

Salah satu tim yang sudah mengumumkan pembubaran tim saat kompetisi tidak jelas adalah Borneo FC. Namun Robert coba memahami kenapa ada klub yang mengambil kebijakan tersebut dan tentu ada alasan di baliknya.

"Ada banyak tim yang menghentikan latihan karena dan saya rasa mereka pun mempunyai alasannya masing-masing, alasan personal dari klub tersebut," terang pelatih berkebangsaan Belanda ini ketika diwawancara secara virtual.

Lain halnya dengan Persib yang tetap rutin menggelar sesi latihan. Meski memang intenistasnya dikurangi oleh Robert, seperti menggenjot latihan tiga kali sepekan dan memberi waktu libur kepada pemain dari Kamis hingga Ahad.

Bukan tanpa pertimbangan pelatih 65 tahun tersebut untuk memberlakukan kebijakan itu. Dirinya ingin Persib tetap bersiap untuk menatap kompetisi meski belum ada kejelasan. Pemain butuh sarana untuk tetap menyalurkan kegemarannya dalam mengolah si kulit bundar.

"Tapi kami di Persib sangat serius dalam melanjutkan liga, karena itu adalah pekerjaan kami, profesi kami dan menjadi inspirasi kami. Dengan tetap bermain sepakbola, kami tentu menjaga harapan itu tetap menyala dan kami akan siap jika kompetisi dimulai kembali," katanya.

Petunjuk kapan liga akan berjalan lagi adalah ucapan dari pihak kepolisian yang fokus menjaga Pilkada pada Desember. Setelah itu mereka bisa memberi izin pelaksanaan partai sepakbola dan kemungkinan baru bergulir pada Januari.

"Memang indikasinya masih tetap baru di Januari liga akan digelar meskipun mungkin dalam format yang berbeda seperti turnamen. Tapi tetap akan melanjutkan untuk fokus terhadap itu," ujar mantan pelatih Arema dan PSM itu.

Para punggawa Persib sendiri dikumpulkan untuk berlatih Senin (26/10) pagi usai libur empat hari. Dalam kesempatan ini, mereka langsung dilibarkan dalam game internal. Sang pelatih mengatakan, agenda ini dibuat untuk merawat mental dan motivasi pemain di tengah ketidakjelasan.

"Ya latihan kami berjalan bagus. Seperti yang sudah saya katakan dari awal, kami mempunyai program latihan untuk menjaga pemain tetap termotivasi, menjaga tetap tertarik berlatih dan antusias menghadapi liga yang akan digelar nanti. Itu keinginan dari kami," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Liga 1 2020

558  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini