Robert Buat Kebijakan Hanya Gelar Latihan Tiga Kali Seminggu

Penulis: M. Aldi
Selasa 20 Okt 2020, 20:20 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia: Persib Bandung merupakan salah satu klub yang masih tetap berlatih meski liga belum jelas nasibnya. Namun Robert Rene Alberts hanya merancang tiga kali latihan saja dalam setiap pekannya.

Di satu sisi, Robert memang ingin pasukannya tetap menjaga kondisi fisik dan sentuhan. Tapi di sisi lain, dia cemas jika pemainnya kehabisan tenaga. Saat ini saja Omid Nazari dan kawan-kawan sudah kelelahan baik fisik maupun mental karena sempat digenjot latihan intensif tetapi kompetisi belum kunjung dilanjutkan.

"Kami harus bisa menjaga keseimbangan tim ini, meski ada ketidakjelasan soal kondisi liga saat ini. Pemain sangat kelelahan, baik fisik maupun emosi, jadi saya tidak bisa meminta terlalu banyak dari mereka," kata sang pelatih pada awak media ketika diwawancara.

Jika latihan tetap dilakukan secara intensif, Robert malah khawatir pemainnya mengalami 'burnout'. Maka dari itu dia harus pandai memelihara kondisi fisik dan psikologis anak asuhnya dengan tetap berlatih tapi tidak terlalu intens.

"Karena jika nanti liga benar-benar digelar, pemain justru akan kehabisan tenaga. Ada banyak yang sudah merasakan itu terutama soal mental, bukan hanya pemain, tapi orang-orang yang bekerja di sepakbola juga seperti official. Jadi akan sangat penting untuk menjaga keseimbangan," ujarnya.

Latihan Persib hanya digelar pada Senin, Selasa dan Rabu. Setelah itu pemain diberikan waktu libur empat hari untuk beristirahat terutama berkumpul dengan keluarga. Menurut pelatih asal Belanda ini, kebijakan tersebut bisa membuat mental pemain terjaga dan tidak dihantui kejenuhan. 

"Kami berlatih tiga hari sepekan secara berturut-turut dan setelah itu pemain punya waktu berkumpul dengan keluarga. Jadi ketika kembali berlatih, mereka lebih termotivasi dan ritme itu sejauh ini dipertangungjawabkan dengan baik oleh pemain. Karena mereka bisa menjaga level latihan yang kami lakukan," ujarnya.

"Mereka kembali dengan pikirannya yang fresh karena sudah berkumpul bersama keluarga. Bisa dilihat intensitas ketika latihan sangat fantastis. Dan saya sangat senang dengan apa yang dilakukan di Persib Bandung karena kami juga didukung penuh oleh manajemen," pungkasnya.

Artikel Tag: Robert Rene Albert, Persib

545  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini