Rio Fahmi Jalani Latihan Tambahan untuk Adaptasi dengan Skema Thomas Doll

Penulis: Dayat Huri
Senin 11 Jul 2022, 10:00 WIB
Pemain Persija Jakarta, Rio Fahmi

Pemain Persija Jakarta, Rio Fahmi/foto dok Persija Jakarta

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Pemain muda Persija Jakarta, Rio Fahmi terus beradaptasi dengan skema permainan yang diterapkan pelatih anyar timnya, Thomas Doll. Dia bahkan rela menjalani latihan tambahan untuk memastikan kondisi fisiknya tetap prima dalam menjalankan pola 3-5-2 pilihan pelatih.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 akan mulai bergulir dalam waktu kurang dalam tiga pekan. Mematangkan persiapan jadi agenda wajib yang tengah dijalani klub-klub peserta.

Rio Fahmi sendiri hampir selalu jadi pilihan utama untuk mengisi pos bek sayap kanan Persija Jakarta pada gelaran Liga 1 musim lalu. Meski begitu, skuat Macan Kemayoran menggunakan skema empat bek kala itu.

Bagi pemain kelahiran Banjarnegara itu, perubahan skema yang diracik Thomas Doll menjadi 3-5-2 membuatnya harus beradaptasi. Dalam skema permainan 3-5-2, peran bek sayap dipastikan berbeda ketika tim tampil dengan skema empat bek sejajar.

Bek sayap dituntut untuk bertahan dan menyerang sama baiknya. Alhasil, dia harus lebih banyak naik turun sehingga memerlukan kualitas fisik prima.

"Untuk Liga 1 persiapan saya dan tim alhamdulillah berjalan dengan lancar. Satu per satu pemain sudah bergabung semua, tinggal dua pemain asing yang belum datang. Mungkin kami dan semua pemain sedikit demi sedikit mulai bisa beradaptasi dengan coach Thomas. Insya Allah bisa mencapai peak performance ketika liga sudah mulai," ucap Rio Fahmi seperti dilansir laman resmi klub.

"Kalau main tiga bek butuh tenaga ekstra karena wing back harus siap naik dan turun untuk membantu pertahanan maupun penyerangan. Sedikit demi sedikit, hari per hari saya nambah latihan sendiri. Kebetulan posisi saya wing back jadi fisik sangat penting bagi saya," katanya melanjutkan.

Di sisi lain, Rio mengungkap bahwa Thomas Doll dan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), memiliki kemiripan karakteristik dalam cara melatih.

"Untuk karakteristik mungkin tingkat kedisiplinan dua pelatih kelas dunia. Tentunya kedisiplinan dan etos kerja di lapangan menjadi hal yang terus ditekankan. Sebab, menjadi pemain sepak bola profesional benar-benar butuh kedisiplinan. Dari mulai disiplin waktu saat mau latihan atau saat di lapangan. Coach STY dan coach Thomas juga sama-sama menganjurkan makan-makanan yang sehat agar badan selalu fit," pungkas dia.

Artikel Tag: rio fahmi, Liga 1, persija jakarta, thomas doll

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/rio-fahmi-jalani-latihan-tambahan-untuk-adaptasi-dengan-skema-thomas-doll
719  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini