Resmi! Luis Enrique Jadi Pelatih Anyar Paris Saint-Germain

Penulis: Demos Why
Kamis 06 Jul 2023, 10:45 WIB
Manajer PSG, Luis Enrique.

Luis Enrique. (Foto: Paris Saint-Germain FC)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Prancis: Raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain, akhirnya mengonfirmasi keputusan mereka untuk menujuk Luis Enrique sebagai manajer baru menggantikan Christophe Galtier.

Berakhir sudah teka-teki terkait siapa manajer baru yang akan menangani PSG pada musim depan. Setelah Les Parisiens memecat Christophe Galtier kemarin, mereka sempat dihubungkan dengan beberapa nama pelatih top. Salah satunya adalah Luis Enrique.

Belakangan, melalui laman resmi mereka, PSG mengonfirmasi kedatangan Enrique ke Parc des Princes dan mendatangani kontrak selama dua musim.

"Paris Saint-Germain dengan bangga mengumumkan bahwa Luis Enrique telah ditunjuk sebagai pelatih kepala tim utama, dengan manajer asal Spanyol itu menandatangani kontrak berdurasi dua tahun," tulis pernyataan resmi klub.

Luis Enrique bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan sederet penghargaan dan reputasi internasional yang luar biasa di belakangnya. Setelah memulai kariernya sebagai pemain di Sporting Gijon (1989-1992) dan melanjutkannya di Real Madrid (1992-1996), mantan pemain serba bisa ini membawa kariernya ke level berikutnya sebelum mengakhiri kariernya di FC Barcelona (1996-2004).

Empat tahun setelah gantung sepatu, Enrique masuk ke dunia manajemen, dimulai dengan tim 'B' Barcelona (2008-2011) sebelum pindah ke AS Roma (2011-2012), yang merupakan pengalaman pertamanya di luar negeri. Setelah bertugas di Celta Vigo pada 2013-14, pelatih asal Spanyol ini akhirnya duduk di kursi pelatih Barca pada tahun 2014, di mana ia meraih beberapa gelar pertamanya sebagai manajer.

Selama musim 2014/15, ia berhasil meraih treble yang sangat bersejarah, dengan memenangkan Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey, yang kemudian dilengkapi dengan Supercopa de Espana dan Piala Dunia Antarklub.

Masa kepelatihan Enrique di Barcelona berakhir pada tahun 2017, namun tidak sebelum ia menambahkan satu gelar Liga Spanyol dan dua Copa del Rey ke dalam daftar prestasinya.

Enrique kemudian menangani tim nasional Spanyol dari Juli 2018 hingga Juni 2019, diikuti oleh periode kedua dari November 2019 hingga Desember 2022. Bersama La Roja, ia mencapai semifinal EURO 2020 dan juga final UEFA Nations League pada 2021.

Artikel Tag: Luis Enrique, Paris Saint-Germain

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/resmi-luis-enrique-jadi-pelatih-anyar-paris-saint-germain
3472  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini