Rendy Oscario, Kiper Muda Semen Padang yang Tak Pernah Puas

Penulis: Dayat Huri
Kamis 14 Jun 2018, 20:00 WIB
Rendy Oscario, Kiper Muda Semen Padang yang Tak Pernah Puas

Rendy Oscario saat berlatih/foto IST

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 2 Indonesia: Memasuki tahun ketiganya sebagai pemain di tim senior Semen Padang, kiper muda Rendy Oscario secara perlahan mulai mendapat kepercayaan dari tim pelatih sebagai kiper utama di bawah mistar Kabau Sirah. Kepercayaan yang kemudian dijawab Rendy dengan catatan dua clean sheet dari empat pertandingan yang sudah dilakoninya musim ini.

Sebagai penjaga gawang, karir Rendy memang cukup menjanjikan. Ia mulai dipercaya masuk tim senior pada tahun 2016, ketika itu Semen Padang masih berkompetisi di Indonesian Soccer Championship (ISC). Lebih banyak duduk sebagai pelapis kiper utama, Rendy juga didaftarkan sebagai pemain di tim Semen Padang U-21.

Memasuki kompetisi resmi Liga 1/2017, Rendy tetap didaftarkan untuk tim muda dan tim senior Kabau Sirah. Keberadaan dua kiper senior, Jandia Eka Putra dan M Ridwan di tim cukup menyulitkan Rendy untuk bisa mendapat menit bermain musim lalu. Kesempatan yang ditunggu-tunggunya kemudian hadir di akhir-akhir musim, ketika Jandia dan M Ridwan mengalami cedera, sehingga Rendy dalam beberapa kesempatan dipercaya untuk mengawal gawang Kabau Sirah.

Terpuruknya prestasi Semen Padang yang musim lalu terdegradasi ke Liga 2/2018 membuat beberapa pemain pilar memutuskan untuk hengkang, termasuk kiper-kiper senior di tim yang memilih untuk mencari pelabuhan baru di musim 2018. Untuk Rendy sendiri, pemain kelahiran 7 Oktober 1998 itu tetap bertahan di Indarung.

Dalam masa persiapan tim jelang berkompetisi di Liga 2, tim pelatih awalnya masih terlihat agak ragu dengan kapasitas Rendy yang dari segi usia mungkin dinilai masih terlalu muda. Dengan alasan itu, akhirnya tim mendaratkan kiper senior eks PSMS Medan, Guntur Pranata yang diharapkan bisa memberikan ketenangan terhadap lini pertahanan. Pada pertandingan pembuka Liga 2 musim ini, Guntur Pranata adalah kiper yang mendapat kepercayaan mengawal gawang tim di markas Persis Solo. Dalam laga itu, Kabau Sirahtakluk dengan skor telak 0-3.

Melakoni pertandingan kedua kontra tuan rumah PSIR Rembang, tim pelatih mencoba melakukan rotasi dengan memberikan kepercayaan kepada Rendy untuk mengawal gawang Kabau Sirah. Kepercayaan itu langsung dibayarnya dengan penampilan apik, meski dalam laga tersebut gawangnya harus kebobolan, tapi dirinya juga mampu melakukan beberapa penyalamatan yang kemudian membantu tim memetik kemenangan 2-1 dalam laga itu.

Selepas laga itu, Rendy selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar Kabau Sirah. Sampai pekan ke-5 Rendy sukses mencatatkan dua clean sheet, masing-masing saat menghadapi Persita Tanggerang (1-0) dan Persika Karawang (2-0).

Rendy sendiri mengaku tidak pernah merasa kalau dirinya adalah kiper utama. Menurutnya, setiap kiper yang saat ini dimiliki Semen Padang akan selalu bermain untuk hasil terbaik bagi tim ketika mendapat kepercayaan dari tim pelatih.

"Kalau dibilang (kiper) utama, itu semua tergantung tim pelatih. Kalau pelatih percaya sama kita, ya kita buktikan di latihan dan pertandingan," kata Rendy beberapa waktu lalu.

Sebagai kiper muda, Rendy mengaku selalu melakukan latihan tambahan secara mandiri untuk bisa menjaga performa dan tetap mengasah kemampuan dalam mengawal jantung pertahanan. "Kita kanharus selalu merasa kekurangan, supaya terus belajar," lanjutnya.

Bicara persaingan di tim sendiri, pemain dengan nomor punggung 21 itu mengaku tidak pernah merasa tertekan. Baginya, persaingan dalam sebuah tim adalah hal biasa. Yang terpenting adalah siapapun yang diturunkan memberikan yang terbaik untuk tim dan tetap saling support.

"Untuk target tim kanbisa balik ke Liga 1, karena itu setiap pertandingan bagaimanapun harus bisa mendapatkan poin," jelasnya.

 

Artikel Tag: Liga 2, Semen Padang, syafrianto rusli, rendy oscario

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/rendy-oscario-kiper-muda-semen-padang-yang-tak-pernah-puas
4462  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini