Rekomendasi PSSI untuk Panpel PSM di Leg Kedua Final Piala Indonesia

Penulis: Dayat Huri
Rabu 31 Jul 2019, 09:00 WIB
Rekomendasi PSSI untuk Panpel PSM di Leg Kedua Final Piala Indonesia

Laga final leg pertama Piala Indonesia/foto pssi

Berita Piala Indonesia: Untuk mengantisipasi kembali gagalnya pertandingan leg kedua final Piala Indonesia antara PSM Makassar kontra Persija Jakarta, PSSI mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada panitia pelaksana (Panpel) tuan rumah.

Pertandingan final leg kedua final Piala Indonesia yang semula dijadwalkan pada 28 Juli 2019 sempat batal terlaksana karena alasan keamanan. Dan PSSI telah menetap jadwal partai ulangan yang akan dilaksanakan Selasa, 6 Agustus nanti.

"PSSI menyampaikan beberapa rekomendasi untuk panitia pelaksana tuan rumah PSM Makassar. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, laga final antara tuan rumah PSM Makassar dan Persija Jakarta akan dilangsungkan pada tanggal 6 Agustus 2019, di Stadion Andi Matalata Matoanging, Makassar, Sulawesi Selatan," bunyi pernyataan PSSI yang dilansir dari situs resmi.

Untuk memastikan pertandingan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan itu, PSSI akan membantu dan bertindak sebagai supervisi. Rekomendasi yang disampaikan PSSI ini berdasarkan standar pelaksanaan pertandingan yang diadopsi dari FIFA Stadium Safety and Security Reagulatiion.

"Beberapa rekomendasi untuk panpel PSM, yakni tidak ada kegiatan yang mengundang massa di stadion pada saat latihan resmi (H-1). Panpel juga wajib menyediakan pengawalan kepada kedua tim dan pengamanan semua lokasi yang berkaitan dengan pertandingan, seperti tempat penginapan tim, tempat jumpa pers tim dan sebagainya."

Selanjutnya, di area stadion, untuk area drop off/in kedatangan dan kepulangan tim pada saat latihan dan pertandingan sejak, sebelum, selama, dan setelah kegiatan harus steril. Selain itu, perlu dibuat kanalisasi, barikade pintu masuk penonton VIP/VVIP karena beririsan dengan area kedatangan tim.

PSSI tidak merekomendasikan pembangunan atau pembuatan tribune tambahan yang tidak menyatu dengan struktur bangunan stadion.

"Terkait penonton, tidak diperkenankan untuk membawa tongkat dan spanduk ke dalam stadion. Pihak panpel juga harus bisa menjamin bahwa tidak akan ada penonton yang diperkenankan memasuki lapangan sejak, sebelum, selama dan sesudah pertandingan."

Artikel Tag: Piala Indonesia, psm makassar, persija jakarta, PSSI

1423  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini