RB Leipzig Juara DFB Pokal Usai Comeback Paling Dramatis di Sepakbola

Penulis: Febrian Kusuma
Minggu 22 Mei 2022, 15:00 WIB
RB Leipzig

RB Leipzig Juara DFB Pokal 2021/22 (Sumber: GettyImages)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: RB Leipzig berhasil menyegel juara di kompetisi DFB Pokal musim 2021/22, setelah mengalahkan SC Freiburg melalui adu penalti di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (22/05) dini hari WIB. Ini adalah major trofi pertama dalam sejarah yang dimenangkan oleh Die Bullen sejak klub berdiri 19 Mei 2009 yang lalu.

Kemenangan RB Leipzig di partai puncak DFB Pokal diwarnai comeback paling dramatis dalam sejarah sepakbola. Jika Liverpool juara Liga Champions 2005 usai tertinggal 3-0 terlebih dahulu dari AC Milan, apa yang dilakukan Die Bullen lebih tak masuk akal lagi.

Pada pertandingan itu Leipzig tertinggal terlebih dahulu dengan skor 1-0 setelah SC Freiburg berhasil mencetak gol di menit ke-19 melalui tendangan keras Maximilian Eggestein. Para pemain Die Bullen sempat memprotes gol tersebut, karena Nordi Mukiele sempat handball ketika mengontrol bola sebelum akhirnya bola yang lepas ditendang dengan keras oleh Eggestein. Akan tetapi, setelah dicek melalui VAR gol tersebut tetap disahkan.

Dalam kondisi tertinggil, RB Leipzig justru harus kehilangan satu pemain setelah wasit memberi kartu merah untuk Marcel Halstenberg akibat pelanggarannya kepada Lucas Höler di menit ke-57. Kartu merah itu dianggap pantas karena Halstenberg adalah orang terakhir di kubu Leipzig, dan Höler berkesempatan mencetak gol andaikan tidak dilanggar.

Meskipun hanya bermain sepuluh pemain, namun semangat juang para pemain Leipzig tak luntur. Tim besutan Domenico Tedesco itu bahkan mampu mencetak gol pada menit ke-76 melalui aksi Christopher Nkunku, memanfaatkan umpan sundulan dari Willi Orban, dan skor pun berubah menjadi 1-1. Hingga 90 menit pertandingan berlangsung tak ada lagi gol yang tercipta, skor imbang 1-1 membuat laga harus dilanjutkan ke dua kali babak extra time.

Pada kesempatan tersebut, Leipzig kembali mendapat kartu merah di menit ke-118, kali ini diberikan kepada Kevin Kampl karena sudah dua kali mendapat kartu kuning akibat pelanggaran yang dia lakukan. Praktis, Die Bullen harus bermain dengan sembilan pemain hingga akhir pertandingan. Akan tetapi, kesempatan itu gagal dimanfaatkan oleh SC Freiburg untuk mencetak gol, karena para pemain Leipzig bertahan dengan luar biasa.

Di babak adu penalti, keberuntungan memihak kepada RB Leipzig, setelah dua penendang SC Freiburg gagal menjalankan tugasnya dengan baik, yakni Ermedin Demirovic dan Christian Gunter. Sementara semua algojo Leipzig berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik, untuk membuat Die Bullen menang adu penalti dengan skor 2-4.

Artikel Tag: rb leipzig, SC Freiburg

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/rb-leipzig-juara-dfb-pokal-usai-comeback-paling-dramatis-di-sepakbola
821  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini