PT LIB Siapkan 12 Mobile VAR Untuk Liga 1 Musim 2024/2025

Penulis: M. Aldi
Minggu 19 Mei 2024, 23:00 WIB
PT LIB menyiapkan 12 Mobile VAR untuk kompetisi musim depan

Penampakan isi mobile VAR di laga Persib melawan Bali pada leg kedua semifinal championship series Liga 1 2023/2024

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Penggunaan Video Assistant Referee sudah dimulai sejak championship series Liga 1 2023/2024. Nantinya VAR akan digunakan satu musim penuh oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) musim depan.

Hanif Marjuni sebagai Media and Public Relation PT LIB mengatakan sudah tersedia 12 unit mobile VAR di Indonesia. Jumlah ini dianggap sudah cukup memenuhi kebutuhan dalam satu musim kompetisi.

Menurutnya dengan jumlah 18 kontestan Liga 1, maka setiap pekannya ada sembilan laga dan ketersediaan mobile VAR sudah cukup. Apalagi tiga stadion sudah memiliki ruangan yang bisa mengoperasikan VAR.

"Satu pekan ada 9 pertandingan, seluruh mobil yang kita miliki ada 12. Jadi harusnya ini menjadi hal yang aman, karena kalau kita melihat ada beberapa show ini sudah ada tiga stadion yang nanti VAR itu sudah bisa dipasang di stadion itu," terang Hanif saat diwawancara di Stadion Si Jalak Harupat.

"Ada Stadion Manahan, Gelora Bung Tomo dan Kapten I Wayan Dipta. Artinya di tiga stadion tersebut paten. Sisanya nanti akan menyesuaikannya. Dengan 12 mobil yang ada perhitungan kami itu bukan menjadi kendala yang harus dipersiapkan," lanjut dia.

Hanif Marjuni juga menjelaskan mekanisme penentuan klub yang akan menggunakan mobile VAR. Yang pertama adalah klub mengajukan stadion kandang mereka pada musim kompetisi yang akan dimainkan.

Nantinya ada tim yang melihat kelayakan dari stadion yang diajukan tersebut, apakah menyediakan ruangan untuk instalasi VAR atau tidak. Jika tidak, maka PT LIB akan menentukan laga di stadion tersebut hanya menggunakan mobile VAR.

"Klub pasti mengajukan stadion yang akan digunakan, kebetulan dari kami ada tim khusus yang melakukan inspeksi secara keseluruhan terutama terkait khusus penggunaan VAR. Karena ruangan yang dibutuhkan itu bisa dikatakan kebutuhannya agak ribet dan detail," ujarnya.

"Jarak kabel, kemudian bagaimana sudut pandangnya, memudahkan komunikasi sampai dengan akses internet, komunikasi antara wasit di dalam seperti apa, itu semuanya diperhitungkan," lanjut dia.

Untuk laga championship series Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, LIB menerapkan mobile VAR. Padahal kandang Persib di babak play off ini sudah pernah menggunakan VAR di ruangan pada Piala Dunia U-17 2023 lalu karena ditunjuk sebagai salah satu venue tuan rumah.

Hanif Marjuni pun menjelaskan alasan dari Si Jalak Harupat tidak memiliki VAR permanan seperti di tiga venue Piala Dunia U-17 lainnya. Itu karena SJH di musim ini awalnya tidak dipilih sebagai rumah dari Persib Bandung untuk kompetisi Liga 1 2023/2024.

"Karena kalau kita melihat selama ini Persib itu mendaftarkan (kandang) timnya di GBLA. Jadi yang diprioritaskan adalah ruangan VAR yang nanti akan dipakai untuk jangka waktu yang lama," jelasnya.

"Karena untuk setting tiap sekali pemakaian butuh waktu yang lama dan juga ada jaminan keamanan dan perawatan, terus ada perhatian yang extra juga dari setiap klub saat itu ditempatkan di satu stadion," pungkas dia.

Artikel Tag: Liga Indonesia Baru, Persib, Hanif Marjuni, Mobile VAR

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pt-lib-siapkan-12-mobile-var-untuk-liga-1-musim-20242025
1662  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini