PSSI Siapkan Stadion Alternatif untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 05 Nov 2022, 07:00 WIB
Sekjen PSSI, Yunus Nusi

Sekjen PSSI, Yunus Nusi/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Induk organisasi sepak bola tanah air, PSSI harus mempersiapkan stadion alternatif sebagai homebase timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 22022. Menetapkan stadion baru sebagai kandang skuat Garuda harus dilakukan karena Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sudah harus steril dan tak bisa lagi digunakan untuk kegiatan lain mulai November 2022 ini.

Stadion kebanggaan Indonesia itu bersama lima stadion lain, yakni Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali) tak dapat lagi digunakan karena telah ditetapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

"Mulai November, enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak dapat difungsikan untuk agenda lain, termauk timnas dan liga. Untuk sementara, semuanya dalam proses perbaikan dan penyempurnaan oleh Kementerian PUPR dan pemerintah daerah," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi seperti dikutip dari lamanAntara.

Gelaran Piala AFF 2022 sendiri akan dilaksanakan pada Desember 2022 nanti. Tidak seperti edisi sebelumnya dimana turnamen dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, edisi kali ini akan kembali menggunakan format tandang kandang. Karena itu, masing-masing negara diwajibkan menentukan stadion yang akan mereka gunakan sebagai homebase ketika melakoni laga kandang.

"Banyak opsi stadion. Nanti kami akan menentukan yang mana. Mudah-mudahan November ini sudah ada stadionnya," jelas Yunus Nusi.

Sesuai dengan hasil undian yang sudah dilaksanakan, skuat Garuda sendiri tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang laga play off, Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Yunus Nusi sendiri mengatakan bahwa pihaknya telah mendata sejumlah stadion yang selama ini kerap digunakan untuk menggelar pertandingan internasional, seperti Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang). Namun dia juga tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan stadion di luar Pulau Jawa sebagai homebase timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

"Namun untuk itu (menggunakan stadion di luar Pulau Jawa), kami harus berkonsultasi dengan AFF dan peserta. Apakah mau, misalnya menambah jam penerbangan dari Jakarta," pungkasnya.

Artikel Tag: PSSI, timnas Indonesia, Piala AFF, yunus nusi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pssi-siapkan-stadion-alternatif-untuk-timnas-indonesia-di-piala-aff-2022
685  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini