PSSI Akan Turunkan Tim Investigasi Terkait Kerusuhan di Derby Jatim

Penulis: Dayat Huri
Minggu 02 Okt 2022, 01:10 WIB
Derby Jatim antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya

Derby Jatim antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya/foto dok Arema FC

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Preseden buruk kembali mencederai dunia sepak bola tanah air, laga Derby Jatim antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) diwarnai kerusuhan antar suporter yang merangsek ke dalam lapangan setelah pertandingan berakhir.

Pertandingan pekan ke-11 Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 itu sendiri berhasil dimenangkan tim tamu Persebaya Surabaya dengan skor 3-2. Bajul Ijo sempat unggul dua gol terlebih dahulu melalui Silvio Junior di menit ke-8' dan Leo Lelis menit ke-32'. Arema FC mampu menyamakan kedudukan melalui brace Abel Camara pada menit ke-42' dan tendangan penalti di masa injury time jelang turun minum.

Persebaya Surabaya kemudian memastikan kemenangan mereka di Derby Jatim kali ini lewat aksi gelandang asing mereka, Sho Yamamoto di menit ke-51'. Tim asuhan Aji Santoso itu pun berhasil membawa pulang poin penuh.

Diduga akibat kecewa terhadap penampilan tim kebanggaannya, Aremania yang memadati stadion kemudian merangsek masuk ke lapangan yang kemudian mengakibatkan pecahnya kerusuhan. Bahkan laporan awal sempat menyebut bahwa kericuhan di akhir laga memakan korban jiwa.

PSSI selaku induk organisasi sepak bola tanah air pun langsung merespon cepat peristiwa tersebut dengan mengeluarkan statemen melalui webiste resminya.

"Kami masih menunggu laporan resmi dari pengawas pertandingan dan tentu laporan dari Kepolisian. Namun, dari tayangan video di media sosial yang sudah tersebar di mana-mana terlihat ada kerusuhan setelah wasit meniup peluit panjang. Sekali lagi kami masih menunggu laporan apakah ada korban atau tidak," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dua memastikan panitia pertandingan akan mendapat sanksi keras jika kerusuhan itu terbukti di dalam lapangan. Selain sanksi denda juga tidak bisa menjadi tuan rumah dalam beberapa laga.

"PSSI sangat mengecam kerusuhan ini. Namun, sekali lagi kami belum bisa menyimpulkan apa-apa. Tetapi, sanksi keras akan menimpa Arema FC jika semuanya terbukti. Tim investigasi PSSI akan segera bertolak ke Malang," tegas Yunus Nusi.

Artikel Tag: derby jatim, Liga 1, Persebaya Surabaya, arema fc, PSSI

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pssi-akan-turunkan-tim-investigasi-terkait-kerusuhan-di-derby-jatim
1197  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini