PSM Makassar 2-0 Persija, Juku Eja Juara Piala Indonesia

Penulis: Dayat Huri
Selasa 06 Agu 2019, 18:15 WIB
PSM Makassar 2-0 Persija, Juku Eja Juara Piala Indonesia

Aaron Evans merayakan gol ke gawang Persija / foto dok PSM

Berita Piala Indonesia: PSM Makassar melepas puasa gelar selama 19 tahun dengan merengkuh trofi juara Piala Indonesia, usai memetik kemenangan dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta pada final leg kedua di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8) sore.

Hasil tersebut membuat Juku Eja unggul agregat 2-1 karena pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta beberapa waktu lalu takluk dengan skor 0-1.

Bermain di depan publik sendiri, PSM Makassar yang dituntut menang dengan margin dua gol langsung tampil menyerang. Upaya tim asuhan Darije Kalezic mampu membuka keunggulan ketika pertandingan memasuki menit ke-4 melalui sundulan Aaron Evans memanfaatkan tendangan sudut kapten tim Wiljan Pluim, 1-0 untuk PSM Makassar.

Gol cepat tersebut mengangkat motivasi Juku Eja yang semakin gencar membombardir lini pertahanan Macan Kemayoran. Beberapa peluang mampu mereka ciptakan, diantaranya melalui Rizky Pellu dan Benny Wahyudi. Namun performa gemilang Andritany Ardhiyasa di bawah mistar mampu memetahkan peluang tersebut.

Upaya Persija Jakarta untuk bangkit semakin sulit, setelah Sandi Darma Sute menerima kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran keras terhadap Wiljan Pluim pada menit ke-32.

Bermain dengan 10 orang membuat Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos harus mengorbankan Bruno Matos dan memasukkan Maman Abdurrahman untuk mengisi pos yang ditinggalkan Sandi Sute. Sampai babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Juku Eja.

Babak kedua baru berjalan lima menit, PSM Makassar kembali membobol gawang Persija Jakarta. Kali ini melalui sundulan Zulham Zamrun yang menyambut umpan Aaron Evans. Skor 2-0 membuat PSM Makassar makin nyaman.

Untuk Zulham Zamrun sendiri, gol tersebut membuatnya duduk di daftar pencetak gol terbanyak Piala Indonesia dengan torehan 10 gol. Jumlah yang sama juga dikumpulkan penyerang Persebaya, Amido Balde.

Di sisa waktu, Persija Jakarta yang kekurangan pemain terus berada di bawah tekanan tuan rumah. Riko Simanjuntak dan kawan-kawan lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Di 10 menit terakhir, Macan Kemayoran terus berjuang keras untuk mencetak gol balasan. Upaya dari Bambang Pamungkas dan sundulan Marko Simic tak membuahkan hasil. Sampai pertandingan berakhir skor 2-0 untuk PSM Makassar tetap bertahan dan puasa gelar yang sudah berlangsung selama 19 tahun itu pun putus.  

Artikel Tag: Piala Indonesia, psm makassar, persija jakarta

1253  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini