Provedel Sabet Gelar Kiper Terbaik Serie A Musim 2022/23

Penulis: Vina Enza
Minggu 04 Jun 2023, 09:31 WIB
Provedel

Ivan Provedel (foto:twitter)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Italia: Kiper Lazio, Ivan Provedel dianugerahi gelar kiper terbaik Serie A musim 2022/23 dan ia menerima penghargaan tersebut sebelum kemenangan timnya 2-0 atas tuan rumah Empoli di laga terakhir yang berlangsung pada Sabtu (03/06) malam waktu setempat.

Penjaga gawang 29 tahun asal Italia, Ivan Provedel secara luar biasa telah melampaui ekspektasi di musim debutnya di ibukota Italia. Ia bergabung dengan Lazio dari Spezia musim panas lalu dengan harga 2,4 Juta Euro dan diproyeksikan sebagai pelapis untuk kiper yang lebih mahal harganya, Luis Maximiano.

Namun setelah kiper asal Portugal tersebut diganjar kartu merah saat baru bermain selama enam menit di laga pembuka musim ini melawan Bologna, penjaga gawang asal Italia tersebut menggantikan posisinya dan membuktikan diri sebagai tembok yang kokoh dan dengan cepat menghuni posisi starter dalam skuat Maurizio Sarri.

Seperti yang telah diumumkan Lega Serie A, Provedel terpilih sebagai penjaga gawang terbaik di musim 2022/23 sebagai hadiah atas kinerja luar biasanya di gawang Biancocelesti. Pemain 29 tahun tersebut menorehkan 21 clean sheet dalam 38 pertandingan di liga, dan hanya kebobolan 30 gol di periode tersebut.

Sebelumnya ia juga telah menuliskan sejarah di klubnya dengan menorehkan clean sheet paling banyak dalam satu musim di Serie A. Eks pemain Empoli tersebut kembali ke Stadio Castellani di kemenangan 2-0 atas eks timnya.

Rekor 21 clean sheet dalam satu musim Serie A pernah diukir oleh kiper legendaris Gianlugi Buffon di Juventus musim 2011/12 dan 2015/16 serta Morgan De Sanctis untuk Roma musim 2013/14. Namun rekor Provedel dianggap lebih luar biasa mengingat ia tidak seharusnya menjadi kiper pilihan utama untuk Biancocelesti musim ini.

Artikel Tag: Provedel, Lazio, Serie A

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/provedel-sabet-gelar-kiper-terbaik-serie-a-musim-202223
3434  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini