Presiden UEFA Minta Inggris Tiru Prancis: Hapus Piala Liga

Penulis: Demos Why
Sabtu 07 Mar 2020, 13:45 WIB
Presiden UEFA Minta Inggris Tiru Prancis: Hapus Piala Liga

Trofi Piala Liga Inggris (Foto: Getty Images)

Berita Sepakbola: Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyarankan agar sepakbola Inggris mengikuti kebijakan Prancis yang mencoret gelaran Piala Liga mulai musim depan. Ceferin menilai penghapusan gelaran Piala Liga akan menguntungkan dunia sepakbola. Apa alasannya?

Piala Liga Inggris sendiri mulai digelar pada tahun 1960 yang lalu dan merupakan kompetisi kasta kedua setelah Piala FA di sepakbola Inggris. Di ajang ini biasanya tim-tim besar akan melakukan rotasi besar-besaran demi menjaga kebugaran para pemain utamanya.

Dalam tiga musim terakhir, Manchester City berhasil mendominasi dengan mencatatkan hattrick juara. Akan tetapi di balik kesuksesan The Cityzens, beberapa manajer tim papan atas justru merasa keberatan dengan keberadaan Piala Liga. Hal itu berhubungan dengan padatnya jadwal pertandingan. Sebagai contohnya, di musim ini saja manajer Liverpool sampai menurunkan tim reverse untuk tampil di ajang ini karena di saat bersamaan mereka juga harus tampil di Piala Dunia Antarklub.

Sementara itu Prancis mulai musim depan secara resmi akan menghentikan ajang Coupe de la Ligue. Artinya laga final yang mempertemukan antara Paris Saint-Germain dan Lyon di bulan depan merupakan final terakhir di ajang itu sebelum dihapus dari kalender sepakbola Prancis. Ceferin lantas meminta sepakbola Inggris melakukan langkah serupa.

"Piala Liga di sepakbola Prancis mulai musim depan ditiadakan. Kini hanya Inggris yang masih menjalankan kompetisi serupa," ujar Ceferin dilansir dari The Times.

"Saya rasa akan jauh lebih baik jika ajang ini tak dimainkan lagi. Akan tetapi permasalahannya adalah melalui turnamen ini bisa membiayai banyak klub yang tidak beruntung. Jadi saya mengerti masalah apa yang akan dihadapi [jika kompetisi ini dihapus]."

"Orang-orang Inggris memang cukup tradisional. Mereka sangat suka dengan banyak yang sudha ada sejak lama," pungkasnya.

Artikel Tag: Aleksander Ceferin, Piala Liga Inggris, Coupe de la Ligue

645  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini