Play-off Piala Eropa 2020: Skotlandia Bikin Sejarah, Hungaria Dramatis

Penulis: Rei Darius
Jumat 13 Nov 2020, 10:45 WIB
Dominik Szoboszlai pastikan Hungaria lolos ke Piala Eropa 2020

Gol Dominik Szoboszlai memastikan kelolosan Hungaria ke Piala Eropa 2020 (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Gol menit-menit terakhir dari Dominik Szoboszlai mengantarkan Hungaria bangkit dari ketertinggalan di menit-menit terakhir pada babak play-off Piala Eropa 2020, Jumat (13/11) dini hari tadi WIB.

Selain Hungaria, tiga tim lain yang mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 adalah Skotlandia, Slovakia, dan Makedonia Utara.

Laga antara Hungaria dan Islandia merupakan yang paling diantisipasi karena itu berasal dari Jalur A, alias dari kasta tertinggi Liga Negara UEFA, dan benar saja bahwa laga berlangsung dengan ketat hingga saat-saat akhir.

Gol gelandang Everton, Gylfi Sigurdsson, telah membuat tim tamu unggul pada menit ke-11, memanfaatkan blunder kiper RB Leipzig, Peter Gulacsi. Namun Hungaria berhasil membalikkan kedudukan lewat sepasang gol yang diciptakan pada menit-menit terakhir.

Loic Nego menyamakan kedudukan pada menit ke-88, sebelum pemain bintang mereka dari RB Salzburg, Dominik Szoboszlai, mencetak gol penentu kemenangan pada masa tambahan waktu dan menjadikan skor akhir 2-1 untuk tuan rumah di Budapest.

Di Belgrade, pertandingan ketat juga terjadi antara Serbia dan Skotlandia, yang harus dihelat hingga adu penalti setelah gol Ryan Christie pada menit ke-52 disamakan oleh striker Real Madrid, Luka Jovic, pada menit ke-90.

Adu penalti berlangsung ketat hingga kepada penendang terakhir setelah empat eksekutor dari masing-masing menunaikan tugasnya dengan baik. Namun selagi Kenny McLean menuntaskan tendangan kelima untuk Skotlandia, eksekusi striker Fulham, Aleksandar Mitrovic, ditepis oleh kiper David Marshall.

Atas keberhasilan ini, Skotlandia pun membuat sejarah dengan lolos ke turnamen internasional pertamanya sejak Piala Dunia pada edisi 1998 silam.

Di Belfast, tuan rumah Irlandia Utara harus mengakui keunggulan Slovakia setelah melalui pertandingan ketat hingga babak perpanjangan waktu.

Skuat asuhan Ian Barraclough sudah tertinggal sejak menit ke-17 lewat gol Juraj Kucka, namun berhasil menghidupkan harapan setelah Milan Skriniar menyarangkan gol ke gawang sendiri, hanya tiga menit sebelum waktu normal usai.

Sayang bagi Irlandia Utara, karena kesalahan Skriniar berhasil ditebus oleh gol Michal Duris pada menit ke-110 dan membantu Slovakia lolos ke Piala Eropa untuk kedua kalinya secara beruntun.

Satu pertandingan terakhir yang menentukan tiket lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 adalah Makedonia Utara yang berhasil meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 atas sesama tim liliput, Georgia, lewat gol semata wayang mantan striker Inter Milan dan Napoli, Goran Pandev.

Hasil pertandingan play-off, Jumat (13/11) dini hari tadi WIB

Hungaria 2-1 Islandia — (Loic Nego 88', Dominik Szoboszlai 90+2'; Gylfi Sigurdsson 11')

Serbia 1-1 Skotlandia — (Luka Jovic 90'; Ryan Christie 52'), adu penalti menang Skotlandia 4-5

Irlandia Utara 1-2 Slovakia — (Milan Skriniar 87' [bd]; Juraj Kucka 17', Michal Duris 110')

Georgia 0-1 Makedonia Utara — (Goran Pandev 56')

Artikel Tag: Hungaria, Piala Eropa 2020, Dominik Szoboszlai, Skotlandia, Slovakia, Makedonia Utara

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/play-off-piala-eropa-2020-skotlandia-bikin-sejarah-hungaria-dramatis
1253  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini