Phil Foden Respons Tuduhan Takut Ambil Tendangan Penalti

Penulis: Fery Andriyansyah
Rabu 10 Jul 2024, 01:30 WIB
Bintang Manchester City dan Inggris, Phil Foden

Bintang Manchester City dan Inggris, Phil Foden. (Foto: Richard Pelham/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Phil Foden mengatakan bahwa dia 'tidak akan keberatan' mengambil penalti dalam adu penalti Euro 2024 melawan Swiss, tetapi mengakui ada 'penendang penalti yang lebih baik' di skuat Inggris.

Inggris memastikan tempat mereka di semifinal Euro 2024 dengan kemenangan adu penalti yang menegangkan atas Swiss, setelah pertandingan perempat final di Dusseldorf berakhir 1-1. Tim asuhan Gareth Southgate kesulitan untuk tampil maksimal selama turnamen tetapi tampil sempurna dalam adu penalti, dengan Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold semua dengan tegas mengonversi dari titik putih, dan Jordan Pickford berhasil menggagalkan tendangan Manuel Akanji.

Tak lama setelah The Three Lions mencapai semifinal turnamen besar lainnya, Alexander-Arnold terlihat mengatakan kepada dua temannya bahwa ada satu anggota skuat yang tidak ingin maju. Meskipun bintang Liverpool itu tidak memberikan petunjuk siapa pemain tersebut, media sosial penuh dengan spekulasi dan beberapa menganggap itu bisa jadi Phil Foden karena dia digantikan oleh Alexander-Arnold menjelang akhir perpanjangan waktu.

Namun Foden, yang mencetak penalti melawan Real Madrid di perempat final Liga Champions pada bulan April, bersikeras bahwa dia akan maju jika dibutuhkan. "Saya akan mengambilnya jika saya masih di lapangan, tetapi saya pikir ada pemain yang lebih sering mengambilnya untuk klub mereka sehingga masuk akal bagi mereka untuk mengambilnya," kata Foden kepada talkSPORT.

"Saya pikir itulah yang dilakukan Gareth, menempatkan penendang penalti terbaik di lapangan. Saya senang dia melakukannya sekarang, karena hal itu pasti menguntungkan kami. Saya merasa ini masalah kepercayaan diri, jika Anda percaya Anda akan mencetak gol, Anda bisa menjadi penendang penalti. Seperti yang saya katakan, saya tidak akan keberatan mengambil satu jika saya masih di lapangan, tetapi mungkin ada penendang penalti yang lebih baik daripada saya."

Ditanya bagaimana perasaannya selama adu penalti, pemain terbaik Premier League musim lalu itu menambahkan: "Saya tidak akan berbohong, saya sangat gugup melihat para pemain. Ketika Anda tidak di lapangan, saya merasa Anda lebih banyak berpikir tentang apa yang terjadi. Tapi saya sepenuhnya percaya pada para pemain, mereka telah bekerja keras untuk melakukan tendangan penalti dalam latihan. Mereka yang mengambilnya terlihat sangat percaya diri dan tidak pernah terlihat seperti akan gagal."

Artikel Tag: phil foden, Timnas Inggris, EURO 2024, Piala Eropa 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/phil-foden-respons-tuduhan-takut-ambil-tendangan-penalti
584  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini