Perusahaan Swedia Ajukan Tawaran untuk Beli Saham Liga Jerman

Penulis: Depe Ptr
Sabtu 16 Des 2023, 07:11 WIB
Perusahaan Swedia Ajukan Tawaran untuk Beli Saham Liga Jerman

Bundesliga via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Perusahaan Swedia yakni EQT AB, telah mengajukan penawaran terkuat dan tertinggi dalam proses penawaran saham untuk Liga Jerman (DFL), yang akan membentuk perusahaan hak media independen.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, EQT menawarkan 1 miliar euro untuk memperoleh 7,9 persen saham di DFL Media, menilai anak perusahaan pemasaran baru ini sebesar 12,7 miliar euro.

Sementara itu, pesaing perusahaan Swedia EQT yakni CVC Capital Partners, juga menawarkan 1 miliar euro, tetapi menginginkan imbalan 8 persen saham.

Blackstone, perusahaan ekuitas swasta global lainnya, menawarkan 950 juta euro untuk 8 persen saham. Advent, yang menjadi peserta dalam proses penawaran ini, tertinggal dengan tawaran sebesar 870 juta euro untuk memperoleh 8 persen saham.

Komite eksekutif DFL bermaksud untuk melanjutkan negosiasi dengan dua atau tiga pihak yang berkepentingan dan akan mengurangi jumlah penawar pada hari Selasa (19/12) mendatang.

Klub sepak bola Liga Pertama dan Liga Kedua Jerman telah menyetujui opsi untuk membiarkan investor mengambil saham di perusahaan hak media, sejalan dengan tren liga-liga sepak bola Eropa lainnya yang melihat regulasi penyiaran sebagai cara untuk meningkatkan pendapatan dan meraih audiens global.

DFL menargetkan penyelesaian perjanjian senilai antara 900 juta hingga 1 miliar euro pada akhir Maret ini. Perjanjian ini melibatkan pemberian hak media untuk pasar Jerman dalam periode 2025-2029.

Dalam kompensasi kepada klub-klub, sekitar 300 juta euro akan dibagikan pada tahun-tahun awal sebagai imbalan atas pembagian pendapatan hak media dengan investor keuangan selama 20 tahun ke depan.

Bundesliga saat ini menduduki peringkat sebagai liga sepak bola terbesar kedua di Eropa berdasarkan pendapatan, setelah Premier League Inggris.

Artikel Tag: Bundesliga, Bundesliga Jerman, Jerman

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/perusahaan-swedia-ajukan-tawaran-untuk-beli-saham-liga-jerman
418  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini