Persipura Terancam tak Dapat Tampil di Piala AFC Setelah Kehilangan Sponsor

Penulis: Dayat Huri
Kamis 07 Jan 2021, 21:00 WIB
Skuat Persipura Jayapura/foto dok Persipura

Skuat Persipura Jayapura/foto dok Persipura

Berita Piala AFC: Persipura Jayapura terancam tak dapat tampil pada gelaran Piala AFC 2021, setelah sponsor utama mereka, Bank Papua menarik diri dan tidak lagi jadi penyodokong dana bagi tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

Manajemen Persipura Jayapura sendiri menyikapi mundurnya Bank Papua sebagai sponsor utama tim dengan membubarkan seluruh aktivitas tim.

"Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di AFC 2021. Karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih, dan official," terang Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam keterangan resminya seperti dilansir dari laman Antara.

Sebelum Bank Papua menarik diri, Benhur Tomi menyebut bahwa timnya cukup optimis menatap Piala AFC 2021. Meski sempat terjadi polemik karena PSSI sempat menunjuk tim lain untuk berlaga di kompetisi kasta kedua Asia tersebut, pihaknya terus berjuang sampai akhirnya membuahkan hasil dan Mutiara Hitam mendapatkan haknya.

Pada saat bersamaan mereka juga masih memiliki cadangan dana yang berasal dari sisa pembayaran kontrak Bank Papua senilai Rp5 miliar. Dana itu awalnya direncanakan sebagai modal persiapan, termasuk membayar gaji pemain.

Sayang, semua itu hanya sebatas rencana karena direksi Bank Papua kemudian menyurati pihaknya dan menjelaskan bahwa mereka tak akan membayar sisa kontrak sponsorship.

"Dengan surat Bank Papua ini berarti kami tidak lagi punya sumber dana untuk beraktivitas, dan kita semua tahu bagaimana menurunnya ekonomi selama pandemi Covid-19, sehingga kemampuan kita secara finansial juga menurun, apalagi ada kewajiban untuk tetap membayar gaji seluruh personel tim," katanya.

Dengan tidak adanya pemasukan, manajemen akhirnya memutuskan untuk menghentikan aktivitas tim sampai dengan ada sponsor baru yang siap mendanai Persipura Jayapura.

"Sampai kapan? Sampai kita dapat dukungan sponsor yang jelas dan pasti," jelas Benhur Tomi.

Artikel Tag: Persipura, piala afc, benhur tomi

570  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini