Persebaya Surabaya Dapat Berkandang di GBT Pada Putaran Kedua

Penulis: Dayat Huri
Senin 02 Jan 2023, 02:30 WIB
Tim Asesmen melakukan reassessment stadion GBT yang akan digunakan Persebaya Surabaya sebagai homebase

Tim Asesmen melakukan reassessment stadion GBT yang akan digunakan Persebaya Surabaya sebagai homebase/foto dok Persebaya Surabaya

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Persebaya Surabaya dapat menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya sebagai homebase atau kandang pada pertandingan putaran kedua Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang menurut rencana akan digulirkan mulai pertengahan Januari 2023.

Lampu hijau itu didapat setelah tim Mabes Polri melakukan reassessment stadion yang diresmikan pada 2010 tersebut. Penilaian ulang dilakukan pada 29-30 Desember. Hasilnya? Stadion GBT raih skor 85,75 persen dengan predikat baik dan layak. Bahkan, dibandingkan stadion lain, GBT dan Panpel Persebaya Surabaya mendapatkan nilai terbaik.

"Kami dan tim telah lakukan assessment selama dua hari, dan menyatakan Stadion GBT raih nilai cukup tinggi dengan kategori baik dan layak menggelar pertandingan Liga 1 dengan kehadiran penonton," terang Kombes Pol. Budi Karyono selaku ketua tim asesmen seperti dilansir dari laman resmi klub.

Asesmen dilakukan serentak ke seluruh stadion kandang tim Liga 1 dan Liga 2. Proses itu sebagai tindak lanjut Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober lalu yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa 135 orang. Lewat asesmen yang dilakukan Mabes Polri tersebut, seluruh stadion nanti bisa dinyatakan layak atau tidak.

Dari asesmen yang dilakukan Mabes Polri, ada tiga hasil yang bisa didapatkan satu stadion. Paling baik adalah layak menggelar pertandingan dengan kehadiran penonton. Kedua layak menggelar pertandingan tanpa penonton. Dan terburuk, tidak layak menggelar pertandingan.

Parameter yang diasesmen meliputi kelengkapan infrastruktur, mitigasi bencana, jalur evakuasi, dan standar prosedur pelaksanaan pertandingan. Untuk GBT, ada beberapa catatan yang diberikan tim asesmen. Diantaranya, rekomendasi pemindahan tribun penonton difabel, yang selama ini di lantai tiga ke lantai satu.

"Ada beberapa catatan yang kami berikan. Salah satunya tribun difabel. Untuk yang lain semua sudah bagus. Saya lihat stadion dan panpel Persebaya Surabaya sangat siap," pujinya.

Pihak Disbudporapar Surabaya sebagai pengelola GBT berjanji akan menindaklanjuti rekomendasi Mabes Polri ini. Terlebih, setelah ini GBT akan menjadi venue Piala Dunia U-20.

"Secepatnya kami akan lakukan koordinasi untuk menindaklanjuti rekomendasi ini," terang Kabid Olahraga Disbudporapar Surabaya, Trio Wahyu Bowo.

Artikel Tag: Persebaya Surabaya, Liga 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/persebaya-surabaya-dapat-berkandang-di-gbt-pada-putaran-kedua
657  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini