Penyelamatan Ernando Ari dan Brace Witan Bawa Timnas Indonesia U-23 Bangkit

Penulis: Dayat Huri
Rabu 11 Mei 2022, 01:30 WIB
Pemain timnas Indonesia U-23 merayakan gol pertama ke gawang Timor Leste yang dicetak Egy Maulana Vikri

Pemain timnas Indonesia U-23 merayakan gol pertama ke gawang Timor Leste yang dicetak Egy Maulana Vikri/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sea Games: Timnas Indonesia U-23 berhasil bangkit pada pertandingan kedua grup A Sea Games Vietnam 2021 usai menaklukkan Timor Leste dengan skor telak 4-1 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Selasa (10/5) malam WIB.

Sejumlah perubahan dilakukan Shin Tae-yong pada pertandingan tersebut, Ernando Ari yang di laga pertama tidak tampil dipercaya mengawal gawang Garuda Muda.

Tiga pemain yang di pertandingan kontra Vietnam masuk sebagai pemain pengganti, yakni Alfeandra Dewangga, Syahrian Abimanyu, dan Witan Sulaeman langsung diberi kepercayaan untuk tampil dari menit pertama.

Sejumlah perubahan itu tak langsung memberikan dampak terhadap performa timnas Indonesia U-23, para pemain terlihat tampil gugup, sehingga melakukan sejumlah kesalahan di lini pertahanan.

Salah satu kesalahan paling fatal dilakukan Marc Klok, dia gagal melakukan kontrol bola dengan sempurna sehingga mampu direbut pemain Timor Leste, tackle yang dilakukan pemain naturalisasi itu untuk kembali merebut bola namun justru mengenai kaki lawan, sehingga wasit langsung menunjuk titik putih ketika pertandingan baru memasuki menit ke-2'.

Beruntung, Mouzinho Barreto De Lima yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna, setelah tendangannya mampu dihentikan dengan sempurna oleh Ernando Ari, skor kacamata untuk kedua tim tetap bertahan.

Lebih banyak berada di bawah tekanan, timnas Indonesia U-23 akhirnya berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-15' melalui tendangan voli Egy Maulana Vikri yang sukses meneruskan umpan sundulan Rizky Ridho, setelah menerima umpan matang Syahrian Abimanyu. Timnas Indonesia U-23 unggul 1-0.

Gol itu mampu menghilangkan rasa gugup Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan. Meski begitu, sejumlah peluang yang didapat belum mampu dimaksimalkan untuk mencetak gol kedua, skor 1-0 menutup paruh pertama.

Keluar dari kamar ganti, Garuda Muda tampil menekan dan mampu menciptakan gol kedua ketika pertandingan memasuki menit ke-52' melalui sundulan Witan Sulaeman, dia mamaksimalkan lemparan ke dalam jarak jauh Alfeandra Dewangga. Skor 2-0.

Hanya berselang enam menit, tim asuhan Shin Tae-yong itu berhasil menggandakan keunggulan melalui kapten tim Fachruddin Aryanto yang mampu memaksimalkan bola liar di dalam kotak penalti lawan.

Pada menit ke-69' Timor Leste berhasil memperkecil ketinggalan melalui aksin Mouzinho yang sukses membobol gawang Ernando Ari, skor berubah 3-1.

Witan Sulaeman kemudian kembali membuat timnas Indonesia U-23 menjauh lewat gol keduanya di laga tersebut. Tendangan mendatar yang dilepaskan Witan Sulaeman dari dalam kotak penalti setelah menyambut umpan matang Saddil Ramdani pada menit ke-76' membawa Garuda Muda unggul 4-1 atas Timor Leste. Skor tersebut bertahan sampai laga berakhir.

Raihan tiga angka itu menjaga peluang timnas Indonesia U-23 untuk dapat merebut satu tiket ke babak semifinal Sea Games Vietnam 2021. Di papan klasemen sementara grup A, Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan masih tertahan di peringkat empat dengan koleksi tiga angka, terpaut tiga angka dari Myanmar yang sudah memetik enam poin dan duduk di puncak. Sementara di peringkat dua ada Filipina dan Vietnam yang menghuni posisi dua dan tiga dengan koleksi poin sama, yaitu empat angka.

Pada pertandingan berikutnya, Ernando Ari dan kawan-kawan akan menghadapi Filipina di pertandingan ketiga grup A Sea Games Vietnam 2021, Jumat (13/5) nanti. Laga itu juga wajib dimenangkan tim asuhan Shin Tae-yong.

Artikel Tag: timnas Indonesia U-23, Sea Games, timor leste, Ernando Ari, witan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/penyelamatan-ernando-ari-dan-brace-witan-bawa-timnas-indonesia-u-23-bangkit
674  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini