Penerapan Sistem Terpusat di Sisa Putaran Pertama Liga 1 Dinilai Tidak Fair

Penulis: Dayat Huri
Selasa 29 Nov 2022, 05:30 WIB
Presiden Madura United, Achsanul Qosasi komentari rencana lanjutan Liga 1

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi/foto dok Madura United

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Presiden Madura United, Achsanul Qosasi menyoroti rencana lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang akan dilaksanakan dengan sistem bubble atau terpusat untuk sisa pertandingan di putaran pertama.

Menurut dia, apabila sistem terpusat hanya dilakukan sampai berakhirnya putaran pertama dan di putaran kedua kembali ke sistem home away maka hal tersebut akan menjadi tidak fair untuk sejumlah klub. Pasalnya, klub-klub yang sedianya melakoni laga kandang di sisa enam pertandingan putaran pertama harus bermain di tempat netral, sementara di putaran kedua klub tersebut harus bermain di kandang lawan.

Achsanul Qosasi menilai, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator resmi kompetisi harus menciptakan kompetisi yang adil untuk semua kontestan. Apabila memang memutuskan untuk menggunakan sistem terpusat, maka sistem tersebut harus diberlakukan sampai akhir musim.

"Jika sistem bubble (terpusat) lakukan saja sampai kompetisi selesai. Karena jika gonta-ganti sistem tidak akan adil," katanya seperti dilansir laman resmi klub Madura United.

Pria yang karib disapa AQ itu meminta PT LIB harus percaya diri mengajukan kompetisi kepada pemerintah agar tidak berubah-ubah. Seperti konsisten menerapkan sistem terpusat atau tetap home away.

Seperti diketahui, PT LIB merencanakan untuk menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 mulai 2 Desember 2022. Putaran pertama akan dilaksanakan dengan sistem terpusat dan tanpa penonton di empat stadion yang ada di Jawa Tengah, sistem itu akan berlaku sampai dengan berakhirnya putaran pertama yakni 23 Desember 20223. Selanjutnya, untuk putaran kedua akan kembali menggunakan sistem home away dan dijadwalkan selesai pada 15 April 2022.

Artikel Tag: Liga 1, madura united, Achsanul Qosasi, lib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/penerapan-sistem-terpusat-di-sisa-putaran-pertama-liga-1-dinilai-tidak-fair
615  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini