Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Tim Nasional Italia Meninggal Dunia

Penulis: Depe Ptr
Selasa 23 Jan 2024, 06:46 WIB
Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Tim Nasional Italia Meninggal Dunia

Luigi Riva via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Luigi 'Gigi' Riva, pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim nasional Italia, meninggal dunia pada usia 79 tahun, kata Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Senin (22/01).'

Riva, yang sangat kuat secara fisik dan tendangannya yang juga kuat membuatnya mendapat julukan Rombo di Tuono (tepuk petir), berhasil mencetak 35 gol dalam 42 penampilan untuk tim nasional.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Riva jatuh sakit di rumahnya di Sardinia pada akhir pekan lalu dan dirawat karena dugaan masalah jantung.

Dia adalah bagian dari tim nasional Italia yang memenangkan Piala Eropa pada tahun 1968 dan juga bermain di Piala Dunia 1970 ketika mereka menjadi runner-up di bawah Brasil yang saat itu diperkuat Pele.

"Saya terguncang dan sangat sedih. Sepak bola Italia berduka karena monumen nasional yang sesungguhnya telah meninggalkan kita," kata presiden FIGC, Gabriele Gravina.

Pernyataan FIGC menambahkan, mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenangnya akan dilakukan sebelum semua pertandingan Serie A Italia akhir pekan ini.

Riva adalah salah satu tokoh utama sepak bola Italia ketika televisi berwarna menghadirkan aksi langsung ke khalayak yang lebih luas. Dia menjadi runner-up di bawah Rivera dalam penghargaan Ballon d'Or yang diberikan kepada pemain terbaik Eropa pada tahun 1969.

Riva memainkan hampir seluruh karier klubnya bersama Cagliari dan menjadi pencetak gol terbanyak Serie A ketika tim Sardinia memenangkan gelar liga Italia satu-satunya dalam sejarah mereka pada tahun 1970. Dia adalah presiden kehormatan klub.

Artikel Tag: Serie A, Italia, Luigi Riva

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pencetak-gol-terbanyak-sepanjang-masa-tim-nasional-italia-meninggal-dunia
189  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini