Pemain Muda Persib, Agung Mulyadi Ikut Kursus Pelatih C AFC

Penulis: M. Aldi
Senin 09 Nov 2020, 04:00 WIB
Penyerang Persib, Agung Mulyadi ketika menghadapi Sriwijaya FC pada musim 2018 lalu

Agung Mulyadi (biru)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Usia yang masih muda tidak jadi halangan bagi Agung Mulyadi untuk mengikuti kursus sebagai pelatih. Dia menjadi salah satu anggota kursus kepelatihan lisensi C AFC yang dilakukan di Bali.

Penyerang Persib yang sedang dipinjamkan ke Bandung United itu pun bercerita soal awal mula kenapa bisa ikut kegiatan ini. Asosisasi Pesepakbola Profesional Indonesia menawarkan dia untuk membekali diri menjadi calon pelatih.

"Ya pertama kan sebenernya ini tawaran dari APPI, melalui Bang Popon (Ponaryo Astaman) sama Aa Tantan, ada program dari PSSI dan Kemenpora buat kursus lisensi C gratis bagi pemain liga aktif ataupun yang sudah pensiun," terang dia ketika diwawancara melalui sambungan telepon.

Pemain berusia 23 tahun itu pun memutuskan untuk menerima tawaran tersebut. Karena ini bisa menjadi solusi baginya dalam mengisi kegiatan sehari-hari. Mengingat kompetisi belum bisa bergulir dan Bandung United masih diliburkan.

"Terus ada tawaran ke Agung, dan kata saya ini kesempatan untuk ke depan kalau sudah engga main bola. Dan untungnya lagi liga lagi kaya gini jadi saya sekarang ga perlu izin latihan karena lagi diliburin dulu kan liganya," jelasnya jebolan Diklat Persib ini.

Kegiatan ini sudah dijajalnya sejak 1 November dan masih akan berlangsung hingga tanggal 16. Selain dia, ada banyak pemain nasional yang mengikuti kursus lisensi C AFC seperti Rizky Pora, Achmad Jufriyanto dan Boaz Solossa.

Selama mengikuti kursus, dia pun tidak merasakan canggung meski bersama pada pemain senior. Karena mereka pun sudah beberapa kali berbagi lapangan ketika bermain di gelaran Liga 1 Indonesia.

"Agung ga terlalu kaget juga ya, karena semua pemain bola. Tetapi karena kita basic main bola dan ini kursus pelatih juga saya sedikit banyak yang kita belum tahu bahwa kalau melatih itu kaya gini," jelas dia.

Lisensi kepelatihan juga menurutnya akan sangat bermanfaat dalam karir. Ini bisa menjadi tabungan untuk masa depan, ketika sudah pensiun sebagai pemain profesional. Selain itu Agung juga menilai dia sebagai pemain kini jadi bisa lebih memahami keinginan dari pelatih.

"Untuk bekal nanti kalau terjun di dunia kepelatihan. Dan yang kedua sisi positif buat pemain, jadi kita lebih tahu secara teknis pemain harus seperti apa, paham seperti apa yang diinginkan pelatih. Mungkin selama ini kita salah," tukasnya.

Artikel Tag: Agung Mulyadi, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pemain-muda-persib-agung-mulyadi-ikut-kursus-pelatih-c-afc
2198  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini