Pelatih RANS Akui Terkecoh Dengan Perubahan Formasi Persib

Penulis: M. Aldi
Senin 05 Sep 2022, 15:00 WIB
Pelartih RANS kaget dengan perubahan formasi tim lawan

Pemain belakang RANS ketika mengepung Febri Hariyadi

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : RANS Nusantara FC gagal dalam mewujudkan tekad membawa pulang poin dari markas Persib. Rahmad Darmawan mengakui perubahan formasi lawan membuat rencana yang sudah dipersiapkan harus buyar.

Sang pelatih tidak menduga tuan rumah akan memperagakan skema 3-4-3. Biasanya Maung Bandung bermain dengan pola bermain 4-3-3 atau 4-2-3-1 ketika masih dinahkodai oleh Robert Rene Alberts. Namun ternyata Luis Milla memakai formasi yang berbeda di pertandingan.

"Untuk pertandingan tadi sudah mencoba untuk memberikan suatu perlawanan. Karena ada sedikit perubahan dilakukan Persib, mereka memakai skema yang di luar dugaan karena menerapkan 3-4-3 saat attacking dan ganti menjadi 5-4-1 ketika bertahan," tutur Rahmad Darmawan dalam wawancara usai pertandingan di sesi jumpa pers.

Dalam meeting tim jelang pertandingan, dia menduga Marc Klok dan kolega akan memainkan skema empat bek sejajar. Oleh karena itu, RANS dibuat kesulitan untuk memberikan perlawanan kepada Maung Bandung di babak pertama.

Adaptasi baru dilakukan coach RD di babak kedua dengan melakukan beberapa pergantian pemain. Septian Bagaskara dimasukan untuk memberikan tekanan lebih kepada pemain belakang lawan menemani Wander Luiz di lini depan.

"Saat petang saya antisipasi empat bek, tapi jadi tiga bek. Itu yang mengubah suasana di babak pertama. Babak kedua kita melakukan perubahan dan semua efektif. Kita bisa mulai memberikan tekanan kepada lawan tapi banyak peluang terbuan dari kami maupun Persib. Tetapi secara keseluruhan ucapkan terima kasih kepada pemain-pemain," lanjutnya.

Dengan menumpuknya tiga stoper Persib di kotak penalti, tentu tekanan harus diberikan. Karena itu, RANS bermain dengan striker ganda agar jumlah pemain di depan tidak kalah. Sayangnya hanya satu gol yang bisa dihasilkan di babak kedua dan tidak bisa menyamakan kedudukan.

"Pasti ada kontra strategi tadi ubah jadi 4-4-2. Semua ketemu lawan di posisi masing masing dan efektif, tadi kerja jadi lebih mudah. Beberapa pergantian pemain yang dilakukan juga efektif, sayang waktu ga bisa dibeli dan saya tetap apresiasi buat pemain," tukasnya.

Artikel Tag: rans nusantara, Persib, rahmad darmawan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pelatih-rans-akui-terkecoh-dengan-perubahan-formasi-persib
654  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini