Pecat Marco Rose, Borussia Dortmund Rugi 77 Miliar Rupiah

Penulis: Febrian Kusuma
Sabtu 04 Jun 2022, 11:00 WIB
Marco Rose

Marco Rose (Sumber: BVB.de)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Borussia Dortmund telah memutuskan untuk memecat Marco Rose dari kursi pelatih karena ia dianggap gagal mengangkat prestasi tim pada musim 2021/22. Pemecatan itu pun membuat Die Borussian mengalami kerugian sekitar lima juta euro atau setara dengan 77 miliar rupiah, karena mereka harus memberikan Rose uang pesangon sebagai kompensasi atas sisa kontraknya.

Menurut laman BVB Buzz, kontrak Marco Rose, dan dua asisten pelatihnya, Alexander Zickler serta René Maric, dan pelatih atletik Patrick Eibenberger awalnya akan berlangsung hingga tahun 2024 mendatang. Oleh sebab itu, Dortmund harus memberikan Marco Rose dan para asistennya pesangon sebagai kompensasi atas pemecatannya. Dengan demikian, berarti di musim 2021/22 Borussia Dortmund mengalami kerugian secara total sebesar 25 hingga 29 juta euro.

Pada awalnya, Dortmund mendatangkan Marco Rose dari Borussia Mönchengladbach pada musim panas 2021 yang lalu. Kedatangannya ke Signal Iduna Park disertai dengan uang transfer sebesar lima juta euro yang mereka bayarkan kepada Borussia Mönchengladbach.

Akan tetapi, Rose gagal mempersembahkan prestasi terbaik untuk Dortmund. Tim Kuning Hitam itu hanya mampu finish di peringkat kedua Bundesliga 2021/22, dan kemudian tersingkir di babak 16 besar DFB Pokal dari tim kuda hitam St. Pauli. Selanjutnya, mereka juga tersingkir di babak penyisihan grup Liga Champions Eropa setelah hanya menempati urutan ketiga di klasemen akhir Grup C, dan hasil itu membuat Marco Reus dkk harus terbuang ke Liga Europa untuk mengikuti babak play-off 16 besar. Sayangnya, di babak tersebut mereka juga harus tersingkir setelah kalah agregat melawan Rangers.

Kini, posisi Rose akan digantikan oleh Edin Terzic, yang tak lain adalah mantan asisten pelatih Lucien Favre di Dortmund.

Artikel Tag: Marco Rose, Borussia Dortmund

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pecat-marco-rose-borussia-dortmund-rugi-77-miliar-rupiah
1067  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini