Pecahkan Rekor Timnas, Gigi Buffon Akan Umumkan Pensiun

Penulis: Uphit Kratos
Rabu 02 Agu 2023, 12:45 WIB
Gigi Buffon

Gigi Buffon

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Italia: Gigi Buffon akhirnya mengumumkan pensiun di usia 45 tahun, setelah dia berhasil memecahkan rekor di Serie A, untuk Juventus dan di level Internasional.

Sang penjaga gawang legendaris diperkirakan akan mengkonfirmasi keputusannya untuk gantung sepatu di usia 45 tahun, meskipun kontraknya dengan Parma masih berjalan hingga Juni 2024.

SuperGigi memenangkan Piala Dunia 2006 bersama Italia dan memiliki caps senior terbanyak untuk Azzurri dengan 176, serta penampilan terbanyak sebagai kapten dengan 80.

Hanya enam pemain yang pernah tampil di lima edisi Piala Dunia, yaitu Buffon, Antonio Carbajal, Rafael Marquez, Lothar Matthaus, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

Gigi Buffon mewakili Azzurri pada tahun 1998, 2002, 2006, 2010 dan 2014. Sang penjaga gawang telah mengumpulkan 657 penampilan di Serie A, lebih banyak dari pemain lain dalam sejarah kompetisi ini.

Ia masih memegang rekor dengan tidak terkalahkan selama 974 menit pertandingan di Serie A dan 10 clean sheet berturut-turut.

Di era tiga poin untuk meraih kemenangan, Buffon mencatatkan 285 clean sheet di Serie A. Ia menjadi kiper tertua yang menyelamatkan penalti di Serie A, dengan usia 43 tahun, tiga bulan dan 14 hari.

Di level klub, Buffon memiliki rekor penampilan terbanyak di liga dengan seragam Juventus dengan 526 penampilan, termasuk musim 2006-07 di Serie B, saat ia tetap bermain meskipun mengalami penurunan pangkat akibat skandal Calciopoli.

Rekor tersebut juga merupakan penampilan terbanyak di Serie A untuk Juventus dengan 489 penampilan dan di Liga Champions dengan 117 penampilan.

Dia memainkan total 61.411 menit sepak bola untuk Bianconeri di semua kompetisi, juga sebuah rekor. Buffon memenangkan Supercoppa Italiana sebanyak tujuh kali dan Coppa Italia sebanyak enam kali.

Artikel Tag: Gigi Buffon, Serie A, Juventus

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pecahkan-rekor-timnas-gigi-buffon-akan-umumkan-pensiun
645  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini