Panduan Semifinal Euro 2024: Spanyol vs Prancis dan Belanda vs Inggris

Penulis: Depe Ptr
Selasa 09 Jul 2024, 10:55 WIB
Panduan Semifinal Euro 2024: Spanyol vs Prancis dan Belanda vs Inggris

Euro 2024 via gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Euro 2024: Empat tim yang tersisa di Piala Eropa akan menjadi pusat perhatian di babak semifinal yang akan dimainkan pada hari Selasa (09/07) dan Rabu (10/07).

Berikut panduan singkat jadwal pertandingan:

Spanyol vs Prancis - Selasa (Munich)

Spanyol, juara Eropa tiga kali, akan mencoba mendapatkan kesempatan untuk meraih gelar keempatnya dengan melawan finalis Piala Dunia 2022, Prancis. Spanyol, dengan 11 gol sejauh ini di turnamen ini, memiliki jumlah gol tertinggi di antara keempat tim di semifinal Euro 2024, dengan 10 gol di antaranya tercipta dari dalam kotak penalti. Mereka adalah satu-satunya tim yang berhasil memenangkan kelima pertandingan mereka sejauh ini di Euro 2024, mereka juga memiliki jumlah percobaan tembakan terbanyak (102).

Meskipun menampilkan salah satu penyerang terbaik dunia, Kylian Mbappe, Prancis selaku juara Eropa dua kali, hanya mencetak tiga gol dalam lima pertandingan sejauh ini, melalui dua gol bunuh diri dan satu penalti. Mereka berhasil meraih empat clean sheet dalam lima pertandingan mereka sejauh ini tetapi memiliki jumlah percobaan tembakan yang lebih sedikit yaitu sekitar 30% dibandingkan lawan mereka yang memasuki babak semifinal.

Belanda vs Inggris - Rabu (Dortmund)

Kedua belah pihak bertemu lima kami tahun lalu di Nations League, Belanda menang 3-1 di perpanjangan waktu. Tidak ada satu pun tim yang meyakinkan di turnamen sejauh ini meskipun mereka memiliki banyak bakat, tetapi mereka memiliki calon pemenang pertandingan yang hanya membutuhkan waktu sesaat untuk menemukan momen yang menentukan.

Inggris hanya tinggal beberapa detik lagi untuk tersingkir sebelum tendangan salto Jude Bellingham pada menit ke-95 menyelamatkan mereka saat melawan Slovakia di babak 16 besar. Meskipun penampilan Inggris di Jerman di bawah standar, mereka tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan Euro terakhirnya (tidak termasuk kekalahan adu penalti di final Euro 2020), menang delapan kali, dan terakhir kali merasakan kekalahan melawan Islandia pada tahun 2016.

Belanda menampilkan penampilan terbaiknya di turnamen tersebut saat menang telak 3-0 atas Rumania di babak 16 besar, namun mereka harus berjuang keras untuk mencetak dua gol dalam waktu enam menit untuk bangkit dari ketertinggalan dan mengalahkan Turki 2-1 di babak delapan besar. Belanda mencapai empat besar Euro untuk pertama kalinya sejak 2004 setelah finis ketiga di grup mereka, di belakang Prancis dan Austria.

Belanda dan Inggris sama-sama mengincar tiket ke pertandingan final Euro kedua mereka, Inggris mengincar tiket ke final berturut-turut setelah kalah dari Italia pada tahun 2021. Belanda belum pernah mencapai final sejak mengangkat trofi tersebut pada tahun 1988.

Artikel Tag: EURO 2024, Spanyol vs Prancis, Belanda vs Inggris

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/panduan-semifinal-euro-2024-spanyol-vs-prancis-dan-belanda-vs-inggris
1053  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini