Nutmeg, Teknik Yahud Yang Bikin Lawan Kalut

Penulis: Hendy
Minggu 21 Apr 2013, 20:01 WIB
Nutmeg, Teknik Yahud Yang Bikin Lawan Kalut

Nutmeg, Teknik Yahud Yang Bikin Lawan Kalut

Sampai sekarang ini, ada banyak sekali teknik-teknik yang diciptakan dalam dunia sepakbola. Mulai dari teknik-teknik yang digunakan dalam futsal, freestyle football atau trik bermain bola secara bebas yang populer di Amerika Utara, sampai dengan yang diterapkan dalam sepakbola modern.

Apabila Anda pernah menonton langsung atau menyaksikan cuplikan video mengenai teknik freestyle dan futsal, pastinya ada satu teknik yang sering digunakan oleh sang pemain, yaitu nutmeg. Teknik ini adalah suatu cara melewati dan meninggalkan lawan dengan meloloskan bola di antara kedua kakinya.


Berdasarkan sejarahnya, sampai sekarang ini belum ada penjelasan resmi tentang siapa yang mengusung istilah nutmeg dalam sepakbola, mengingat arti asli dari kata ini dalam bahasa Inggris adalah buah pala . Namun bahasa slang ternyata juga digunakan dalam hoki dan basket dan memiliki artian serupa dengan kata tunnel yaitu kolong atau terobosan.


Menurut Alex Leith dalam bukunya yang berjudul Over the Moon, Brian - The Language of Football, kata nuts sendiri merupakan bahasa slang yang artinya testis dan istilah nutmeg diambil dari aksi meloloskan bola di antara dua kaki lawan. Istilah ini banyak digunakan awalnya oleh orang-orang Inggris bagian Utara sekitar tahun 1940an dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Apabila Anda pernah mengamati kelincahan Ronaldinho, Zenedine Zidane, Thierry Henry, atau juga aksi Suarez ketika dua kali me-nutmeg David Luiz pada saat laga PSG melawan Barcelona beberapa hari lalu, pastinya Anda juga akan tertarik untuk mempelajari teknik yang juga disebut dengan nama Panna di Amerika Latin ini.

Untuk melakukan teknik nutmeg sendiri ada banyak cara yang bisa dilakukan, hanya saja yang menjadi titik fokusnya adalah meloloskan bola melalui dua kaki lawan. Apabila Anda tertarik untuk mempelajarinya, berikut ada beberapa langkah melakukan nutmeg:

- Giring bola ke arah lawan yang akan dijadikan korban nutmeg secara perlahan.

- Ketika berhadapan dengan lawan, gunakan satu kaki terkuat sebagai  tumpuan badan sekaligus penahan laju lawan dan kaki lainnya sebagai penahan bola.

- Saat lawan juga mulai mendekat, ubah posisi badan agak membungkuk untuk mengecoh perhatian lawan.

- Setelah lawan terkecoh perhatiannya, arahkan atau geser bola maju mendekati kaki lawan. Akan tetapi, tetap tahan agar bola tidak terlepas dan kemudian secara cepat tarik kembali bola dengan kaki yang sama, bersamaan dengan itu badan juga agak ditarik mundur agar lawan lebih aktif dalam melakukan pertahanan dan penghadangan.

- Ketika lawan dalam posisi menghalangi dengan kedua kaki terbuka, sontek bola dengan ujung jari untuk menerobos di antara kedua kaki lawan.

- Setelah bola lolos, gunakan kecepatan untuk mengejar bola dan meninggalkan lawan yang sedang terkejut di tempatnya semula. 

Walaupun sangat efektif dalam menaklukkan sekaligus melewati lawan, namun teknik satu ini akan sangat berbahaya apabila Anda berhadapan dengan lawan yang memiliki karakter keras. Hal itu disebabkan bisa saja ketika bola lolos darinya, maka Anda yang akan menjadi sasaran pemain lawan.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat cuplikan trik dari teknik nutmeg ini. Selamat mencoba.

https://www.youtube.com/watch?v=wic8JRr_nCs

7865  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini