Naturalisasi Pemain Timor Leste Mendapat Kecaman

Penulis: Stefanus Toni
Minggu 04 Okt 2015, 15:12 WIB
Naturalisasi Pemain Timor Leste Mendapat Kecaman

Timnas Timor Leste

Ligaolahraga.com -

LigaOlahraga.com - Federasi Sepakbola Timor Leste (FFTL) melakukan gelombang naturalisasi demi meningkatkan prestasi di arena internasional. Tapi, kebijakan itu mendapatkan kritikan pedas dari sejumlah kalangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara yang merupakan bekas provinsi ke-27 Indonesia tersebut telah menaturaliasi sejumlah pemain terutama asal Brasil, kendati kebanyakan dari mereka tak punya hubungan secara langsung dengan Timor Leste.

 

Memang langkah yang ditempuh FFTL tersebut sukses mendongkrak level sepak bola Timor Leste. Mereka mampu lolos ke babak kualifikasi kedua gabungan antara Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019 untuk kali pertama dalam sejarah serta mengalami lonjakkan peringkat FIFA, dari dasar peringkat hingga mencapai posisi tertinggi (146) dalam sejarah mereka pada Juni lalu.

 

Hanya saja, terlepas dari catatan positif berkat proyek naturalisasi pemain, kecaman juga muncul atas kebijakan tersebut. Yang paling panas, datang dari kalangan aktivis maupun suporter sepak bola Timor Leste, yang menuntut pemerintah agar meninjau ulang kebijakan tersebut, di mana dengan mudahnya pemain-pemain asing mendapat status kewarganegaraan Timor Leste.

 

“Para pemain dari Brasil, mereka hanya datang sehari lalu mendapatkan paspor Timor Leste dan lantas bermain untuk tim nasiotnal,” ungkap Jose Luis de Oliveira, pimpinan aktivis sepak bola bernama Amantes Bola seperti dilansir NY Times.

 

“Kami lebih senang kalah (di pentas internasional) dengan talenta-talenta lokal kami ketimbang meraih banyak kemenangan dengan pemain asing,” imbuh salah seorang suporter, Alex Tilman. “Bahkan lebih buruk jika kami tetap kalah saat diperkuat penggawa asing.”

 

Salah satu pemain naturalisasi asal Brasil, Patrick Fabiano, akhirnya buka suara.  Berdasarkan keterangannya, ia dan rekan-rekannya mendapat undangan secara langsung melalui koneksi dari pelatih kepala, ofisial tim, maupun saat ditemukan ketika mereka berlaga di kompetisi profesional lintas Asia.

 

“Ada cerita yang berbeda (dari setiap pemain),” ungkap penyerang 28 tahun, yang kini bermain untuk klub Kuwait, Kazma. “Tentang saya, ketika itu saya mendapat undangan dari mereka dan mengatakan: ‘Kami akan memberikan (Anda) paspor, Anda bermain untuk kami. Kami mengapresiasi kemampuan Anda dan kami membutuhkan striker seperti Anda.”

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/naturalisasi-pemain-timor-leste-mendapat-kecaman
4140  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini