Momen Haru Marcel Schmelzer yang Berpisah dengan Dortmund Setelah 17 Tahun

Penulis: Febrian Kusuma
Minggu 15 Mei 2022, 19:00 WIB
Marcel Schmelzer

Marcel Schmelzer Dapat Sambutan Meriah dari Suporter di Hari Perpisahannya (Sumber: BVB.de)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Bek kiri senior berusia 34 tahun, Marcel Schmelzer, akhirnya telah sampai di ujung perpisahan dengan Borussia Dortmund, klub yang telah ia perkuat 17 tahun lamanya. Kontraknya yang berakhir pada 30 Juni 2022 tidak diperpanjang oleh klub, dan ia pun resmi hengkang dengan status bebas transfer.

Di laga pamungkas Bundesliga musim 2021/22 melawan Hertha Berlin di Signal Iduna Park, Marcel Schmelzer mendapat sambutan yang sangat meriah dari para penonton dan juga penyiar stadion.

“Dia bukan hanya pesepakbola yang luar biasa, tetapi juga orang dan teman yang luar biasa. Semua yang terbaik untuk masa depan untuk nomor 29 kami, Marcel Schmelzer!” teriak penyiar stadion Nobby Dickel ke mikrofon, saat Schmelzer berjalan melewati barisan rekan satu timnya di South Stand, Signal Iduna Park.

Pada laga perpisahannya puluhan ribu suporter Borussia Dortmund yang memadati stadion juga membentangkan jersey raksasa bernomor punggung 29 miliknya, dengan di bagian bawahnya tertulis ‘Sekali seorang Borussia, tetaplah seorang Borussia’. Kemudian, setelah peluit akhir pertandingan melawan Hertha Berlin, Schmelzer yang tidak diturunkan pada laga itu langsung berbaur dengan para penggemar di tribun selatan, sebelum kemudian berjalan melewati barisan pemain dan staf sebagai tanda penghormatan mereka atas pengorbanan dan kerja kerasnya selama membela tim Kuning Hitam.

Marcel Schmelzer bergabung dengan BVB pada tahun 2005 pada usia 17 tahun, dan melakukan debutnya bersama tim utama pada 16 Agustus 2008. Sejak saat itu ia mulai rajin bermain sebagai starting XI Borussia Dortmund, dan sampai saat ini ia telah membuat 367 penampilan kompetitif untuk Die Borussian, dengan 69 penampilannya di antaranya ia catat di kompetisi Eropa. Penampilannya di kompetisi Eropa hanya kalah dari Stefan Reuter (85), Lukasz Piszczek (76), Marco Reus (75), dan Lars Ricken (74).

Soal prestasi bersama Dortmund, Marcel Schmelzer berhasil memenangkan back to back Bundesliga tahun 2011 dan 2012, kemudian meraih tiga trofi DFB Pokal masing-masing pada tahun 2012, 2017, dan 2021. Pada rentan tahun 2016 hingga 2018 ia dipilih sebagai kapten tim.

Artikel Tag: Marcel Schmelzer, Borussia Dortmund

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/momen-haru-marcel-schmelzer-yang-berpisah-dengan-dortmund-setelah-17-tahun
1317  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini