Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan Dianggap Tak Pantas Perkuat Timnas Jerman

Penulis: Demos Why
Rabu 13 Jun 2018, 19:34 WIB
Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan Dianggap Tak Pantas Perkuat Timnas Jerman

Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan / Getty Images

Berita Piala Dunia: Legenda sepakbola Jerman, Stefan Effenberg, menganggap Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan tak pantas untuk memperkuat tim nasional Jerman di Piala Dunia 2018. Penilaian tersebut karena kedua pemain tersebut kedapatan berfoto dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, sekitar Mei 2018 yang lalu.

Akibat pose foto keduanya bersama Erdogan, publik Jerman menghujani Ozil dan Gundogan dengan berbagai kritikan pedas. Pasalnya Erdogan dianggap sebagai pelaku pelanggaran hak asasi manusia serta menjebloskan beberapa orang jurnalis ke penjara.

Seperti dilansir dari Goal, Effenberg lantas menganggap kontroversi foto Ozil dan Gundogan bersama Erdogan sudah lebih dari cukup bagi juru taktik Der Panzer, Joachim Loew, untuk tidak memanggil keduanya ke tim nasional Jerman.

"Kalau Anda memang memegang teguh nilai-nilai tertentu seperti yang kerap dikatakan DFB (PSSI-nya Jerman), harusnya mereka bisa mencoret Oezil dan Guendogan," ujar Effenberg.

Effenberg sendiri mengakui dirinya tahu bagaimana rasanya dicoret dari timnas Jerman pada gelaran Piala Dunia 1994 yang lalu. Dirinya batal dipanggil Die Mannschaft lantaran menunjukkan sikap tak sopan di hadapan para suporter.

Effenberg lantas menyebut keputusan yang diambil oleh Loew dengan memanggil Ozil dan Gundogan sama sekali tak konsisten.

"Oezil dan Guendogan beruntung karena DFB tidak konsisten dan tidak bertindak cepat," ujarnya melanjutkan.

Namun apa yang diungkapkan oleh Effenberg nyatanya sudah terlambat. Pasalnya baik Ozil dan Gundogan sudah dipastikan menjadi bagian skuat timnas Jerman pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Jerman sendiri di Piala Dunia 2018 memiliki misi untu mempertahankan gelar juara. Mereka akan mengawali turnamen empat tahunan itu dengan tergabung di Grup F dengan menghadapi Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan.

Artikel Tag: Mesut Ozil, Ilkay Gundogan, Stefan Effenberg, Timnas Jerman, Piala Dunia 2018

1386