Mengenal Rui Pinto, Sosok yang Bikin Man City Kena Sanksi UEFA

Penulis: Demos Why
Senin 17 Feb 2020, 18:13 WIB
Mengenal Rui Pinto, Sosok yang Bikin Man City Kena Sanksi UEFA

Rui Pinto (Foto: Kolase Liga Olahraga)

Berita Sepakbola: Pria asal Portugal, Rui Pinto, belakangan diketahui sebagai sosok di balik penyebab Manchester City mendapatkan sanksi berat dari UEFA. Lantas siapa Rui Pinto sebenarnya?

Belum lama ini Manchester City mendapatkan sanksi berat dari UEFA berupa larangan tampil di Liga Champions selama dua tahun dimulai dari musim 2020/21 hingga 2021/22. Bukan hanya itu, The Cityzens juga wajib membayar denda senilai 30 juta euro atau setara dengan 455 miliar rupiah.

Sanksi tersebut didapatkan oleh Man City setelah Badan Kontrol Keuangan Klub (CFCB) UEFA menyatakan mereka terbukti bersalah telah memanipulasi dokumen keuangan pada periode 2012 hingga 2016 dengan cara menggelembungkan nilai dana yang didapat dari pihak sponsor.

Kasus tersebut mulai terungkap pada 2018 yag lalu. Saat itu media asal Jerman, Der Spiegel, mempublikasikan surat elektronik yang menunjukkan kegiatan Man City yang melakukan manipulasi dana sponsor. Setelah dua tahun, kasus itu kembali bergulir dan hukuman pun dijatuhkan.

Akan tetapi masalah tidak sampai di situ, banyak pihak yang mulai mempertanyakan siapa sosok di balik pembocoran email yang membuat Man City mendapatkan sanksi berat tersebut.

Dilansir dari The Guardian, sosok yang membocorkan kecurangan Manchester City bernama Rui Pinto. Ada beberapa fakta menarik tentang sosok pria berkebangsaan Portugal tersebut. Berikut ulasannya:

1. Seorang peretas dari Portugal

Seperti kebanyakan peretas lainnya, Rui Pinto juga berhasil membobol sistem keamanan Manchester City. Berdasarkan laporan Der Spiegel, sejak 2016 yang lalu Pinto telah meretas 70 juta dokumen dari media Jerman dan salah satunya adalah penggelembungan dana sponsor yang dilakukan oleh The Cityzens. Kendati demikian, Pinto bukanlah hacker profesional yang dibiayai oleh perusahaan tertentu melainkan dilakukannya sendiri dari rumahnya.

2. Tagar #freepinto mulai menggema

Sejak kasus Manchester City mencuat, Pinto langsung dikirim ke penjara dan masih menunggu kelanjutan kasusnya tersebut. Namun setelah apa yang dilakukannya ternyata benar, kini muncul aksi solidaritas untuk Pinto di media sosial. Bahkan tagar #freepinto sempat menjadi trending di Twitter. Salah satu alasannya karena Pinto dianggap telah membuka dunia terkait liciknya strategi gelap yang mungkin dilakukan klub besar Eropa.

3. Pendiri situs Football Leaks

Pinto merupakan pendiri serta penanggung jawab portal Football Leaks sejak 2015 yang lalu. Sesuai dengan nama situs, Football Leaks menyuguhkan berbagai data dan fakta serta informasi tentang sepakbola yang jarang diketahui orang banyak. Melalui laman situs ini orang-orang bisa mengetahui berbagai kecurangan yang terjadi di dunia sepakbola. Namun kini situs tersebut sudah tak aktif lagi.

4. Mendekam di penjara Portugal

Kendati kejahatan yang dilakukan oleh Pinto adalah kasus internasional, namun dia justru mendekam di penjara Portugal. Bahkan Pinto sempat melontarkan ancaman kepada sipir serta pemerintah.

Artikel Tag: Rui Pinto, Manchester City, UEFA

59014  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini