Marselino Ferdinan Akui Skuat Timnas Indonesia Masih Dalam Proses Adaptasi

Penulis: Dayat Huri
Jumat 22 Mar 2024, 21:30 WIB
Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan

Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan mengakui bahwa kehadiran sejumlah pemain baru di skuat Garuda membuat proses adaptasi di dalam tim masih berjalan. Hal itu terlihat di pertandingan kontra Vietnam pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3) malam WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta tersebut, timnas Indonesia tidak bermain maksimal di paruh pertama. Beruntung mereka mampu berbenah di babak kedua untuk kemudian menciptakan gol melalui Egy Maulana Vikri pada menit ke-52'

Marselino Ferdinan pun menilai bahwa kehadiran muka-muka baru tim berpengaruh terhadap chemistry yang belum saling terbangun.

"Memang sedikit kesulitan di babak pertama soalnya kita tahu banyak pemain baru yang baru main. Seperti saya dan mungkin Ivar (Jenner) di Belanda, harus tahu apa yang Jay (Idzes) mau dan Nathan (Tjoe-A-On) mau dan itu lumayan susah buat kita," kata pemain yang kini tengah berkarir di Liga Belgia bersama KMSK Deinze itu seperti dikutip dari laman Antara.

"Tapi untuk babak kedua, kita ngobrol dan pemain semua setuju dengan kesepakatan jadi di babak kedua berjalan dengan lebih baik dan lancar," sambungnya.

Timnas Indonesia akan membali melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) nanti. Marselino Ferdinan pun memiliki memori buruk saat mereka kalah dalam Piala AFF 2021. Tapi dia bertekad menebus kekalahan tersebut.

"Kami mengantisipasi semuanya dan itu juga sudah dibicarakan dengan semua pemain bahwa kami harus mengubah mindset dan mental. Bahwasanya kalau bermain di Hanoi tidak segampang itu, kami harus fokus pada pertandingan sleanjutnya dan kami harap dapat bermain yang terbaik," katanya.

Di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan kerap diposisikan sebagai pemain sayap atau gelandang bertahan, padahal bukan posisi aslinya. Tapi di justru merasa nyaman dipercaya mengisi beberapa posisi di timnas Indonesia.

"Memang dari dulu seperti kalian semua tahu saya adalah the real number 10. Tapi kita enggak bisa begitu saja, karena kita harus menyesuaikan apa yang pelatih mau dan mungkin Pelatih Shin melihat potensi saya ada di nomor 6 atau nomor 8. Bagi saya itu keuntungan sendiri bisa main di mana saja. Itu juga baik buat saya," ucap dia.

Artikel Tag: marselino ferdinan, timnas Indonesia, Piala Dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/marselino-ferdinan-akui-skuat-timnas-indonesia-masih-dalam-proses-adaptasi
1181  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini