Manchester United Diklaim Masih Berpeluang Lolos ke Liga Champions

Penulis: Demos Why
Jumat 12 Apr 2024, 19:13 WIB
Pemain Manchester United.

Pemain Manchester United. (Foto: Catherine Ivill - AMA)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Champions: Manchester United mungkin masih dapat mengamankan satu tempat di Liga Champions musim depan meskipun mereka finis di posisi keenam di Premier League karena adanya revisi dalam peraturan UEFA.

Di bawah kepemimpinan Erik ten Hag, Manchester United sampai saat ini masih membuntuti tim peringkat lima, Aston Villa, dengan selisih 11 poin dengan hanya tujuh pertandingan tersisa di musim ini.

Meskipun mereka telah menunjukkan secercah kecemerlangan di bawah arahan pelatih asal Belanda tersebut musim ini, sebagian besar penampilan Man United sangat mengecewakan, terbukti dengan tersingkirnya mereka dari fase grup Liga Champions dan kegagalan untuk mempertahankan gelar juara Piala Liga.

Namun, meskipun penampilan mereka buruk, masih ada kemungkinan kecil bagi the Red Devils untuk mengamankan kelolosan ke Liga Champions musim depan meskipun mereka gagal untuk finis di peringkat lima besar.

Musim mendatang Liga Champions akan mengalami perubahan yang signifikan, termasuk penghapusan fase grup dan diperkenalkannya format tabel tunggal dengan daftar tim yang diperbanyak.

Oleh karena itu, UEFA siap untuk mengalokasikan slot tambahan untuk negara-negara tertentu sehubungan dengan modifikasi ini.

Sistem koefisien UEFA telah menempatkan Inggris bersama Italia untuk satu tempat tambahan di Liga Champions, menggantikan sistem tiket otomatis bagi posisi empat besar di masing-masing liga.

Hal penting dari situasi ini terletak pada peraturan UEFA, yang secara tradisional mengalokasikan tempat di Liga Champions berdasarkan hasil akhir liga domestik, bukannya pemenang kompetisi Eropa.

Perubahan peraturan ini berpotensi menguntungkan Tottenham Hotspur atau Aston Villa atas Manchester United, meskipun begitu, dengan Spurs saat ini berada di peringkat empat dan Villa hanya tertinggal dalam hal selisih gol.

Namun, masih ada kesempatan tipis bagi Manchester United untuk mengamankan posisi di Liga Champions, bahkan jika mereka berada di posisi keenam. Dilansir dari the Sun, kemungkinan ini bergantung pada West Ham United untuk mengamankan posisi kelima di Premier League dan memenangkan Liga Europa musim ini.

The Hammers saat ini berada di peringkat tujuh klasemen liga dan berjarak 12 poin dari Aston Villa di peringkat lima, jadi saat ini hal tersebut sangatlah tidak mungkin. Selain itu, tim besutan David Moyes juga harus menyingkirkan Bayer Leverkusen, yang tampil luar biasa di Liga Europa musim ini.

Secara teori, jika the Hammers finis di peringkat kelima dan memenangkan Liga Europa, skenario ini juga menunjukkan bahwa tim yang finis di peringkat ketujuh di Premier League dapat mengamankan tiket ke Liga Champions jika pemenang Liga Champions dan Liga Europa adalah klub-klub Inggris yang finis di luar empat besar di Premier League.

Namun, kemungkinan skenario ini terjadi pada musim ini juga sangat kecil, mengingat Manchester City dan Arsenal sedang bersaing untuk meraih gelar domestik Inggris.

Namun demikian, ada juga potensi bagi sebanyak 11 tim Inggris untuk lolos ke kompetisi Eropa, namun hal ini akan membutuhkan sapu bersih oleh tim-tim Premier League di ketiga turnamen Eropa, ditambah dengan perubahan signifikan di klasemen Premier League.

Artikel Tag: Manchester United, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/manchester-united-diklaim-masih-berpeluang-lolos-ke-liga-champions
195  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini