Majukan Sepakbola Afrika Selatan, Para Pemain Disarankan Jajal Bundesliga

Penulis: Febrian Kusuma
Kamis 09 Jul 2020, 11:00 WIB
Majukan Sepakbola Afrika Selatan, Para Pemain Disarankan Jajal Bundesliga

Bundesliga (GettyImages)

Berita Sepakbola: Mantan pelatih sepakbola lokal Afrika Selatan Bloemfontein Celtic, Molefi Ntseki ingin para pemain Bafana Bafana untuk menjajal kompetisi top Eropa, seperti Liga Premier Inggris, La Liga, hingga Bundesliga.

Di masa lalu, Afrika Selatan memang cukup rutin menyumbang pemain di liga papan atas Eropa, seperti Lucas Radebe, Benni McCarthy, Shaun Bartlett, Steven Pienaar, Aaron Mokoena, Nasif Morris, Tsepo Masilela, dan Quinton Fortune. Namun, situasi kini berubah, karena tak banyak pemain Afrika Selatan yang menjajal kompetisi Eropa, apalagi bermain di liga-liga top.

Oleh sebab itu, Ntseki menyarankan para pemain Afrika Selatan untuk mencoba peruntungan di tiga liga top Eropa tersebut, sebab hal itu nantinya juga bisa berdampak pada kekuatan Timnas Afrika Selatan.

“Jika kami dapat mengekspor lebih banyak pemain kami ke pasar Eropa, mereka akan berbagi pengalaman yang mereka peroleh saat bermain di luar negeri,” kata Ntseki kepada IOL.

“Ketika saya menonton La Liga saat kembali bergulir setelah coronavirus, saya melihat sejumlah pemain Afrika Utara bermain untuk tim Spanyol. Itu juga sama ketika saya menonton Liga Premier Inggris. Saya melihat lebih banyak pemain Afrika Barat,” lanjutnya.

Saat ini sebenarnya ada beberapa pemain Afrika Selatan yang bermain di Eropa, seperti Keagan Dolly, Bongani Zungu, dan Lebo Mothiba, namun mereka hanya membela klub antah berantah di Ligue 1.

“Tetapi kami tidak memiliki pemain yang berasal dari Afrika Selatan, dan ini merupakan keprihatinan yang sangat besar bagi saya. Kami membutuhkan pemain yang bermain secara reguler di Liga Premier, Bundesliga, dan La Liga,” pungkasnya.

Artikel Tag: Afrika Selatan, Molefi Ntseki, Bundesliga

918  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini