Madrid Sering Dapat Penalti, Begini Pembelaan Simeone

Penulis: Senja Hanan
Senin 06 Jul 2020, 22:43 WIB
Madrid Sering Dapat Penalti, Begini Pembelaan Simeone

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (Images: Getty)

Berita Liga Spanyol: Belakangan Real Madrid dikecam menang karena dapat bantuan Video Assisten Referee (VAR). Namun, Madrid dapat pembelaan dari pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone

Dia menegaskan Madrid sering mendapatkan penalti bukan karena mendapatkan bantuan dari VAR (Video Assistant Referee), Tapi, karena permainan ofensif yang mereka terapkan dalam permainan.

Sebab, tim yang bermain ofensif sering menempatkan para pemainnya di kotak penalti lawan. Menurut Simeone, risiko terjadinya pelanggaran di kotak penalti pun meningkat karena banyak benturan yang terjadi di antara para pemain.

Wasit akan mengambil keputusan penalti saat terjadi benturan ilegal di kotak penalti. Wasit pada musim-musim sebelumnya akan mengandalkan penglihatan saat pelanggaran terjadi, untuk memutuskan penalti atau tidak.

Akan tetapi, sekarang ada VAR yang membantu wasit dalam mengambil keputusan. Simeone menilai VAR telah sangat penting untuk setiap wasit. Sebab, keputusan wasit jadi lebih tepat dengan bantuan VAR.

Meski begitu, Simeone tidak memungkiri bahwa terkadang wasit salah dalam mengambil keputusan, walaupun sudah ada VAR. Kekeliruan wasit dalam pertandingan sangatlah wajar, menurut Simeone.

Tim ofensif biasanya lebih diuntungkan wasit, tetapi tidak selalu begitu. Kekeliruan wasit juga bisa merugikan tim ofensif, karena semua hal bisa terjadi dalam pertandingan.

"VAR memaparkan segalanya. Sebelumnya, kami tidak memiliki peluang melihat beberapa hal detail seperti sekarang. Akan tetapi, wasit adalah manusia yang bisa salah juga. Itu adil, jika wasit memberi Anda lebih banyak penalti, karena Anda lebih banyak berada di daerah oposisi. Jika mereka menyerang lebih banyak, seperti Real Madrid, itu berarti Anda berada di sana lebih lama," ujar Simeone, menyadur dari Sportskeeda, Senin (6/7/2020)

"Dalam permainan yang cepat, sulit untuk melihat apa yang terjadi, tetapi sekarang wasit melihatnya dengan tenang di televisi. Orang-orang juga, dari rumah mereka. Lalu ada yang memutuskan, yaitu VAR. Itu bisa menyakiti atau membantu, tapi sekarang semua jelas apakah itu offside (atau tidak), jika itu penalti, kami semua lebih terbuka,” lanjutnya.

Artikel Tag: Real Madrid, Atletico Madrid, Diego Simeone, VAR

503  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini