LIB Siapkan Liga 1 Indonesia Terpusat Di Satu Pulau

Penulis: Dayat Huri
Kamis 29 Apr 2021, 13:30 WIB
Direktur Utama PT. LIB Akhmad Hadian Lukita

Direktur Utama PT. LIB Akhmad Hadian Lukita/foto dok Liga Indonesia

Berita Liga 1 Indonesia: Operator resmi Liga 1 Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyiapkan kompetisi musim 2021/2022 ini akan dilangsungkan terpusat di satu pulau yakni Pulau Jawa. Hal itu diyakini bakal mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di tanah air.

Direktur Utama PT LIB, Akhmat Hadian Lukita menyebut, meski nantinya kompetisi digelar terpusat, tapi formatnya akan tetap normal dengan menggunakan sistem home away.

Dia mengisyaratkan bakal kembali meniru gelaran turnamen pramusim Piala Menpora yang babak penyisihannya berlangsung di empat kabupaten kota di Pulau Jawa. Skema itu dinilainya cukup sukses diterapkan.

"Bedanya, Piala Menpora itu turnamen yang dibagi ke dalam empat grup, sementara Liga 1 tidak demikian," jelasnya seperti dikutip dari laman Antara.

Dia menjelaskan, format kompetisi nanti sebagai gelembung ke gelembung. Nantinya, masing-masing tim akan memilih stadion kandang mereka masing-masing. Di sana nanti akan diterapkan gelembung yang membatasi gerak pemain, pelatih, dan official sesuai dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Seluruh personel tim baru beraktivitas dari satu tempat ke tempat lain yang juga dijaga dengan prtokol kesehatan, baik itu ketika berlatih ataupun bertanding.

"Hal itu juga mirip dengan Piala Menpora 2021 kemarin," tambahan Hadian Lukita.

Sesuai dengan jadwal yang disusun PT LIB dan PSSI, kompetisi Liga 1 Indonesia akan digulirkan pada 3 Juli 2021 nanti. Namun begitu, pihak penyelenggara harus dapat mengantongi izin keramaian dari pihak kepolisian.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat permohonan kepada Polri. Surat tersebut juga ditembuskan ke Kemenpora, Kementerian Kesehatan, dan Satgas Covid-19.

Artikel Tag: lib, hadian lukita, Piala Menpora, Liga 1

628  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini