Legenda Sepakbola Jerman Derita Alzheimer

Penulis: Stefanus Toni
Rabu 07 Okt 2015, 10:24 WIB
Legenda Sepakbola Jerman Derita Alzheimer

Gerd Mueeler saat memperkuat timnas Jerman

Ligaolahraga.com -

LigaOlahraga.com - Legenda sepakbola Jerman dekade 1960-70-an, Gerd Mueller diketahui mengidap alzheimer atau sindrom kehilangan memori.

 

Mueller yang meiliki julukan "Der Bomber" karena kemampuan yang tinggi dalam mencetak gol,  diketahui mengidap alzheimer sejak awal tahun ini. "Saat ini Gerd Mueller diketahui mengidap penyakit (Alzheimer)," demikian pernyataan tertulis dari klub Bayern Muenchen.""Gerd mengidap Alzheimer. Ia menjalani perawatan atas penyakitnya ini sejak Februari 2015 dengan dukungan penuh keluarganya."

 

Mueller memang pernah memperkuat Bayern Muenchen di masa jayanya. Ia  juga membawa Jerman menajdi juara III Piala Dunia 1970, Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.  Sementara bersama Beyern ia  pernah membawa tiga gelar juara Eropa.

 

Mueller memenangi 13 gelar juara bersama Bayern Muenchen yang ia perkuat antara 1964 hingga 1979. Ia mencetak 533 gol dalam 585 pertandingan di semua ajang kompetisi, termasuk 365 poertandingan di Liga Jerman.

 

Pemain bertubuh pendek ini  juga mencetak 68 gol dalam 62 cap buat timnas Jerman. Perolehan gol ini baru dilampaui oleh Miroslav Klose.

 

Pada masa  akhirnya sebagai pemain, Gerd  pernah bermain di klub Fort Lauderdale Strikers di Liga  Sepakbola Utama (MLS) di Amerika Serikat. Karirnya kemudian merosot  karena kebiasaan  menegak alkohol yang diidapnya.

 

Mueller -kini 70 tahun-  kemudian ditolong oleh rekan-rekannya di Bayern Muenchen yang memintanya kembali ke Jerman untuk menangani tim junior klub tersebut.

 

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/legenda-sepakbola-jerman-derita-alzheimer
564  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini