Legenda Sepak Bola Belanda, Kees Rijvers Meninggal Dunia

Penulis: Depe Ptr
Selasa 05 Mar 2024, 15:19 WIB
Legenda Sepak Bola Belanda, Kees Rijvers Meninggal Dunia

Kees Rijvers via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Berita duka datang dari dunia sepak bola, karena mantan pemain dan manajer Belanda, Kees Rijvers dinyatakan meninggal dunia pada usia 97 tahun. Kabar ini diumumkan oleh mantan klubnya, PSV Eindhoven pada hari Senin (04/03).

Rijvers, yang lahir pada 27 Mei 1926, memiliki karier sepak bola yang gemilang sebagai gelandang. Dalam karier internasionalnya dari tahun 1946 hingga 1960, ia membuat 33 caps dan mencetak 10 gol untuk The Oranje.

Pencapaiannya tidak hanya terbatas pada level internasional, karena ia juga membantu Saint-Etienne meraih gelar Ligue 1 Prancis pada tahun 1957.

Setelah mengakhiri karier bermainnya, Kees Rijvers beralih ke dunia manajerial dan menjadi pelatih yang cukup sukses.

Ketika memimpin The Oranje dari tahun 1981 hingga 1984, ia memberikan debut internasional kepada beberapa pemain legendaris seperti Frank Rijkaard, Marco van Basten, dan Ruud Gullit.

Namun, kontribusinya yang paling mencolok mungkin terjadi ketika ia menangani PSV Eindhoven. Selama masa kepelatihannya di PSV Eindhoven, Rijvers memimpin timnya meraih tiga gelar Eredivisie, dua Piala Belanda, dan satu Piala UEFA pada tahun 1978.

Dalam pernyataannya, PSV Eindhoven menyampaikan rasa kehilangan mereka dan menyatakan bahwa sepak bola negeri kincir angin kehilangan salah satu ikon besar.

"Dengan meninggalnya Kees Rijvers, klub dan sepak bola Belanda kehilangan ikon besar," kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

Kees Rijvers dikenang sebagai sosok yang meninggalkan jejak prestisius baik sebagai pemain maupun pelatih, memberikan kontribusi berharga bagi perkembangan sepak bola di Belanda.

Artikel Tag: PSV, Belanda, Kees Rijvers

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/legenda-sepak-bola-belanda-kees-rijvers-meninggal-dunia
193  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini