Kontroversi Berlanjut, Mesut Ozil Dihapus dari Gim FIFA & PES di China

Penulis: Fery Andriyansyah
Kamis 19 Des 2019, 13:15 WIB
Kontroversi Berlanjut, Mesut Ozil Dihapus dari Gim FIFA & PES di China

Mesut Ozil. (Foto: Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Perseteruan yang melibatkan Mesut Ozil dan China terus berlanjut, dengan playmaker Arsenal itu kini telah dihapus dari gim sepak bola virtual FIFA dan Pro Evolution Soccer (PES) di Negeri Tirai Bambu.

Pemain berusia 31 tahun itu menimbulkan kontroversi diplomatik menyusul komentar yang dibuatnya di media sosial pekan lalu, yang mengutuk perlakuan China terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.

Unggahan Ozil memicu sejumlah tanggapan dari dalam dan luar negeri, termasuk pembatalan China untuk menyiarkan pertandingan Premier League antara Arsenal melawan Manchester City pada Minggu (15/12). Dan yang terbaru, nama mantan anggota tim nasional Jerman itu dihapus dari gim FIFA dan PES di Negeri Tirai Bambu.

NetEase, perusahaan yang mempromosikan Pro Evolution Soccer di China, memilih untuk menghapus Ozil dari waralaba mereka karena dianggap melukai perasaan penggemar di China dan melanggar semangat cinta dan kedamaian olahraga. Mereka juga tidak bisa menerima atau memaafkan Ozil untuk permasalahan tersebut.

Arsenal, yang memiliki kepentingan bisnis di Asia Timur, merilis pernyataan mereka sendiri melalui Weibo - platform media sosial terpopuler di China - yang menyatakan bahwa pandangan Ozil tidak mewakili pandangan klub dan mereka menjauhkan diri dari urusan politik.

Penghapusan nama Ozil di gim FIFA dan PES hanya berlaku di China, sementara untuk negara lainnya - termasuk Indonesia - masih bisa memainkan Ozil dalam skuat Arsenal mereka, baik dalam mode online maupun offline.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Ozil telah disesatkan dengan berita palsu yang beredar, dan bahkan mengundang sang pemain untuk mengunjungi Xinjiang dan melihat situasi di sana secara langsung.

"Saya tidak tahu apakah Ozil pernah ke Xinjiang secara pribadi, tetapi ia sepenuhnya ditipu oleh berita dan pernyataan palsu yang telah memengaruhi penilaiannya," kata juru bicara Geng Shuang.

"Kami juga menyambut Ozil untuk datang ke Xinjiang jika ia memiliki kesempatan, untuk berjalan-jalan dan melihat-lihat. Selama ia memiliki hati nurani, mampu membedakan yang benar dan yang salah, dan menegakkan prinsip-prinsip objektivitas dan keadilan, maka ia akan melihat Xinjiang yang berbeda."

Artikel Tag: Mesut Ozil, Arsenal, Uighur, FIFA, PES

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/kontroversi-berlanjut-mesut-ozil-dihapus-dari-gim-fifa-pes-di-china
3819  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini