Kisah Saiful dan Ardi Wujudkan Mimpi Jadi Pemain Sepak Bola Bersama Persib

Penulis: Rei Darius
Selasa 22 Sep 2020, 06:00 WIB
Persib Talk yang digelar akhir pekan kemarin.

Foto Bersama saat pelaksanaan PERSIB Talk yang bertujuan untuk meningkatkan kedekatan dan semangat para pemain PERSIB

Berita Liga 1 Indonesia: Dua pemain muda Persib Bandung, Saiful dan Ardi Maulana, berkisah bagaimana mereka mewujudkan mimpi untuk menjadi seorang pesepak bola profesional.

Seiring dengan keputusan pihak penyelenggara liga, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), yang mewajibkan setiap klub untuk memberikan ruang kepada para pemain berusia di bawah 20 tahun untuk tampil pada saat kompetisi Liga 1 kembali bergulir mulai Oktober mendatang, Maung Bandung pun mempromosikan empat pemain dari tim Diklat.

Dua di antara mereka adalah Saiful dan Ardi Maulana, yang akan tampil bersama tim senior asuhan Robert Rene Alberts, bersama dengan Kakang Rudianto dan Ravil Sandhika sebagai dua nama lain yang dapatkan promosi.

Bagi bocah seperti Ardi Maulana, ini memanglah suatu impian karena dirinya pernah mengidolakan para pemain top Persib di masa lalu, seperti Markus Horison atau Hilton Moreira.

Berkisah tentang awalnya menjadi pemain sepak bola, Ardi yang akrab disapa Dudung itu mengaku bahwa dukungan ibunya sangat berpengaruh dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional, yang sebentar lagi akan terlaksana ini.

"Awalnya main di gang aja, satu lawan satu di daerah rumah. Eh satu waktu ibu lihat, dan mendukung apa yang saya suka, karena positif juga mungkin. Jadi ibu daftar saya ke sekolah sepak bola," kata Ardi dalam kegiatan Persib Talk akhir pekan kemarin.

Orang tua juga berperan penting dalam perjalanan Saiful untuk menjadi seorang pemain sepak bola. Bahkan menjadi penuntut setelah menghabiskan waktu yang kurang berfaedah di masa kecilnya, seperti menangkap bunglon.

"Peran orang tua pastinya yang pertama. Motivasi, materi dan selalu mendukung mimpi saya menjadi pesepak bola profesional. Selain tim pelatih, manajemen, dan rekan setim, yang juga punya peran di luar keluarga," kata Saiful.

"[Memilih] sepak bola juga arahan dari orang tua. Daripada nangkep bunglon, saya disuruh cari kegiatan yang lebih positif. Sepak bola usulannya, jadi penentuan sepak bola saat itu juga adalah jasa ibu," sambung pemain yang mengidolakan Lionel Messi itu.

Dari sudut pandang orang tua, hadir pula Budi Nugraha, ayah dari dua pemain muda lulusan Diklat Persib lainnya, yaitu Gian Zola dan Beckham Putra Nugraha.

Budi mengakui bahwa dirinya pernah menyulut kedua anaknya untuk menjadi pemain sepak bola, ketika membawa mereka ke Stadion Siliwangi untuk menyaksikan Maung Bandung berlaga.

"Satu waktu saya ajak mereka ke Stadion Siliwangi, saya bilang sama mereka, kalian harus menjadi pemain Persib, disaksikan ribuan Bobotoh seperti ini. Ternyata, mimpi dan harapan saya sejalan dengan keinginan mereka. Akhirnya mimpi saya pun diwujudkan lewat Zola dan Beckham," kata Budi, dalam acara yang digelar di 1933 Dapur Kopi, Bandung.

Persib Bandung merupakan salah satu klub dengan sejarah terpanjang dan tersukses dalam kancah sepak bola Indonesia. Pada musim ini pun, tim besutan Robert Rene Alberts mengincar gelar juara LIga 1 2020.

Dari tiga pekan perdana yang digelar pada bulan Maret lalu, sebelum kompetisi ditangguhkan akibat pandemi virus corona, Maung Bandung berhasil menyapu bersih kemenangan dari tiga laga perdana.

Kini, Persib sedang menyiapkan diri untuk tampil menghadapi Madura United pada laga tandang yang diselenggarakan tanggal 4 Oktober mendatang, tempat Saiful dan Ardi Maulana berharap untuk melaksanakn debutnya bersama tim senior.

Artikel Tag: Persib, Saiful, Ardi Maulana, Liga 1

774  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini