Kisah Philippe Senderos, Tolak Manchester United dan Bayern Munich Hanya Demi Arsenal

Penulis: Fery Andriyansyah
Jumat 01 Mei 2020, 17:15 WIB
Kisah Philippe Senderos, Tolak Manchester United dan Bayern Munich Hanya Demi Arsenal

Arsene Wenger (kiri) berbicara dengan Philippe Senderos sebelum pertandingan. (Foto: Tony Marshall/Getty Images)

Berita Liga Inggris: Mantan bek Arsenal, Philippe Senderos, mengungkapkan bahwa Arsene Wenger melancarkan serangan ofensif untuk membujuknya agar menolak pindah ke Manchester United atau Bayern Munich dan bergabung dengan The Gunners.

Senderos masih berusia 18 tahun ketika dirinya mulai diminati banyak klub besar Eropa, termasuk Manchester United, Real Madrid, dan Bayern Munich. Senderos, yang saat itu bermain untuk klub Swiss Servette, melakukan pertemuan dengan beberapa manajer yang semuanya berusaha meyakinkan dia untuk bergabung dengan klub mereka masing-masing.

Namun, Wenger melakukan pendekatan filosofis yang berhasil menyakinkan Senderos untuk mendarat di Highbury, dan mantan pemain internasional Swiss itu mengakui bahwa dia "tersihir" saat menyaksikan tim Meriam London beraksi di lapangan.

Berbicara dalam sesi tanya jawab di Instagram dengan wartawan Italia, Nicolo Schira, Senderos mengatakan: "Saya berusia 18 tahun dan Real Madrid serta Manchester United juga mengincar saya. Saya pergi ke Munich dua kali untuk berbicara dengan Bayern, [Ottmar] Hitzfeld menginginkan saya, tetapi saya menemukan perasaan spesial dengan Arsene Wenger.

"Dia dan Gerard Houllier datang ke Jenewa untuk meyakinkan saya. Wenger berbicara kepada saya tentang sepak bola dan bukan tentang uang, ia punya rencana untuk saya.

"Kemudian saya pergi menonton pertandingan di Highbury, dan saya disihir. Itu sebabnya saya memilih Arsenal. Awalnya dia [Wenger] sangat dekat dengan saya, memberi saya banyak nasihat. Dia membuat saya merasa seperti pemain penting, meskipun saya berusia 18 tahun."

Senderos bergabung dengan Arsenal pada 2003, tetapi dia hanya menjadi penonton ketika tim besutan Wenger menjuarai Premier League dengan rekor tidak terkalahkan sepanjang musim pada tahun pertamanya di klub.

Senderos tidak pernah membuat lebih dari 20 penampilan di Premier League dalam satu musim untuk Arsenal karena beberapa masalah cedera. Dia juga sempat dipinjamkan ke AC Milan dan Everton, kemudian meninggalkan klub secara permanen pada 2010.

Artikel Tag: Philippe Senderos, Arsene Wenger, Arsenal, Manchester United, Bayern Munich

899  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini