Kick Off 2 Juli, Berikut Hasil Lengkap Drawing Liga 3 Wilayah Sumbar

Penulis: Dayat Huri
Jumat 29 Jun 2018, 12:30 WIB
Kick Off 2 Juli, Berikut Hasil Lengkap Drawing Liga 3 Wilayah Sumbar

Pelaksanaan Manager Meeting Liga 3 Wilayah Sumbar/foto ligaolahraga.com

Berita Sepak Bola Nasional: Dua tim amatir Sumbar terbaik tahun lalu, yaitu Batang Anai FC dan Pes Pessel dipastikan bentrok pada babak penyisihan Liga 3 Wilayah Sumbar 2018. Sama-sama menghuni grup A, dua tim yang musim lalu merebut tiket lolos ke Liga 3 Nasional tersebut dipastikan harus kembali bersaing untuk mendapatkan dua tiket lolos ke babak 8 besar Liga 2 Wilayah Sumbar 2018. Keduanya harus bersaing dengan tiga tim lain, yaitu Piaman FC, PSPP Padang Panjang, dan Persepak Payakumbuh.

Batang Anai FC ditunjuk Asprov PSSI Sumbar sebagai tuan rumah dengan menggunakan lapangan Rajo Sampono, Ketaping sebagai venue dilangsungkannya pertandingan babak penyisihan grup A.

Untuk Liga 3 Wilayah Sumbar tahun ini, sebanyak 19 tim dipastikan ikut ambil bagian. Dalam Manager Meetingyang dilakukan di ruang rapat khusus 1 DPRD Sumbar, Kamis (28/6) sore ditetapkan empat tim yang bertindak sebagai tuan rumah, yaitu Batang Anai FC untuk grup A, Gasliko Limapuluh Kota grup B, PSKA A Agam grup C, dan Persiju Sijunjung grup D.

Pada Manager Meetingkemarin juga dilakukan drawinguntuk menentukan tim-tim yang menghuni grup A sampai grup D. Dari grup A sampai C diisi lima tim, sedangkan grup D hanya dihuni empat tim. Nantinya, setiap tim akan meloloskan masing-masing juara grup dan runner upuntuk berlaga di babak 8 besar.

"Semua pemain yang bisa berlaga di liga 3 kali ini sudah melalui proses screening (penyaringan) sesuai dengan regulasi yang  telah ditetapkan oleh pusat," kata Ketua Pelaksana Liga 3 Wilayah Sumbar, Yulius Dede, Kamis (28/6).

Untuk gelaran Liga 3 Wilayah Sumbar 2018 ini, Dede memastikan pihaknya akan menurunkan sebanyak 120 wasit-wasit terbaik dari Sumbar. Hal itu dilakukan untuk memastikan setiap pertandingan berlangsung fair dan adil. "Untuk pengawas pertandingan 16 orang dan inspektur wasit sebanyak 6 orang dan panitia disiplin sebanyak 7 orang," kata Dede.

Untuk menjaga keamanan, Dede mengatakan, panitia dan tuan rumah sudah melakukan perjanjian. Setiap tuan rumah harus menjamin keamanan pemain, perangkat pertandingan dan penonton. "Pelaksanaan pertandingan juga harus memiliki izin keramaian dari kepolisian. Serta tuan rumah juga harus menyediakan tim kesehatan," ujarnya.

Ketua Umum Asosisas Provinsi (Asprov) PSSI Sumbar Indra Dt Rajo Lelo mengatakan, belum semua tim yang terdaftar di Asprov yang mendaftarkan diri mengikuti gelaran Liga 3. Ia mengatakan, masih ada 9 tim yang tidak mengikuti Liga 3 wilayah Sumbar. "Sebenarnya apabila sudah dua kali berturut-turut tidak mengikuti kompetisi dari Asprov, keanggotaan tim bisa dicabut. Namun, PSSI Sumbar masih mempunyai toleransi karena kemungkinan ada tim-tim itu yang tidak siap," katanya.

Untuk meningkatkan kualitas Liga 3 2018 ini, ia mengatakan, terus melakukan pembinaan kepada setiap daerah. Sebab menurutnya kualitas itu tergantung kepada setiap daerah yang ikut bertanding. Dan pada Liga 3 Sumbar kali ini, pihaknya juga akan menunrunkan talent scoutingyang akan memantau bakat-bakat muda pemain Sumbar untuk dipersiapkan tampil pada Porwil mendatang.

Hasil drawing babak penyisihan Liga 3 Wilayah Sumbar

Grup A

Venue: Lapangan Rajo Sampono, Ketaping

  1. Batang Anai FC
  2. Piaman FC
  3. PSPP Padangpanjang
  4. Pes Pessel
  5. Persepak Payakumbuh

Grup B

Venue: Stadion Singo Harau, Kabupaten Limapuluh Kota

  1. Gasliko Limapuluh kota
  2. Taruna Mandiri
  3. PSKPS Pasaman
  4. PSKB Bukittinggi
  5. PSBS Batusangkar

Grup C

Venue: Stadion Bukit Bunian Lubukbasung Kabupaten Agam

  1.  PSKA Agam
  2. Limkos FC
  3. Solok FC
  4. PSP Padang
  5. PS Pasbar

Grup D

Venue: Stadion M Yamin, Sinjunjung

  1. Persiju Sijunjung
  2. Persikopa
  3. PS GAS
  4. GMR FC

Artikel Tag: liga 3, Sumbar, psp padang, solok fc, Semen Padang

1482  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini