Khianati Spanyol, Gelandang RB Leipzig Ini Lebih Pilih Guinea

Penulis: Febrian Kusuma
Sabtu 27 Nov 2021, 06:00 WIB
RB Leipzig

Ilaix Moriba (Sumber: GettyImages)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Gelandang RB Leipzig, Ilaix Moriba, kini telah disetujui FIFA untuk berpaling ke Timnas Guinea, setelah sebelumnya ia bermain bersama Timnas Spanyol U-17. Dengan demikian, berarti pemain berusia 18 tahun itu bisa membela Guinea di putaran final Piala Afrika 2022 pada Januari mendatang.

Sebelumnya, Moriba bisa membela tim muda La Furia Roja karena telah memenuhi syarat untuk mendapat kewarganegaraan Negeri Matador tersebut, karena ia telah tinggal di sana selama 13 tahun lebih. Sejak 2008, pemain kelahiran Conakry, Guinea itu telah bermain di sepakbola Spanyol dengan membela tim muda Espanyol, sebelum kemudian ia bergabung bersama Barcelona pada 2010 silam.

Ia tumbuh bersama Blaugrana, hingga akhirnya dipanggil untuk memperkuat Timnas Spanyol U-17 pada tahun 2019 silam ketika dirinya masih berusia 16 tahun. Menurut laman Wikipedia, per 2021 kali ini ia sudah mencatat 5 penampilan bersama Spanyol U-17 dengan mencetak 1 gol.

Akan tetapi, dengan dilatarbelakangi kedekatan emosional untuk membela negara kelahirannya, pada Agustus tahun ini dirinya mengumumkan keinginannya untuk membela Timnas Guinea di pertandingan internasional, bersamaan dengan kepindahannya dari Barcelona ke RB Leipzig. FIFA pun menyetujui permintaan Ilaix Moriba, dan ia pun diizinkan untuk membela timnas asal Afrika tersebut.

Moriba memiliki kesempatan untuk membela Guinea di kompetisi resmi pertama saat gelaran Piala Afrika 2022 di Kamerun pada Januari tahun depan, di mana mereka akan tergabung di Grup B bersama Senegal, Malawi dan Zimbabwe.

Artikel Tag: rb leipzig, Ilaix Moriba, Timnas Guinea, Timnas Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/khianati-spanyol-gelandang-rb-leipzig-ini-lebih-pilih-guinea
678  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini