Kenang 46 tahun silam, Pele cetak Gol Ke-1.000

Penulis: Rio
Jumat 20 Nov 2015, 07:11 WIB
Kenang 46 tahun silam, Pele cetak Gol Ke-1.000

Kenang Gol Ke 1000 Pele

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga.com - Pele mencetak gol ke-1000 dalam perjalanan sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola pada 19 November 1969, di stadion legendaris Brasil, Maracana.

Pele mengisahkan kebehasilannya melalui situs resmi FIFA, "Saat itu, saya merasa tengah melawan seluruh dunia,”. Ucapan pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu tak berlebihan karena ia harus melalui jalan berliku untuk mencapai gol ke-1000. Dilansir Juara.net

Sebelum Pele mencapai gol ke 1000 ia bertanding melawan Vasco, dimana tim yang ia perkuat berhasil meraih go 2-0, Laga tersebut berjalan mudah bagi Santos. Setelah unggul 2-0, mereka mendapatkan penalti. ia pun menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti dengan baik. Itu merupakan gol ke-999 sejak dirinya terjun menjadi pesepak bola pada 1955.

Keinginan publik untuk melihat gol ke-1000 lahir dari Pele meningkat. Namun, harapan itu tak bisa diwujudkan. Tiba-tiba, secara misterius, Jair mengalami cedera. Pada saat itu, Santos tak memiliki stok kiper di bangku cadangan. Pele terpaksa kemudian menggantikan posisi Jair. Lantaran bermain sebagai kiper, Pele gagal mencetak gol ke-1000-nya pada laga tersebut.

Dua hari berselang (16/11/1969), Santos bertandang ke Salvador untuk menghadapi Bahia. Pele berkesempatan mencetak sejarah pada pertandingan di Fonte Nova itu. Pele mempunyai dua kesempatan emas untuk mencetak gol. Namun, tak ada yang bisa dikonversinya karena terkena mistar dan ditepis kiper lawan.

Melawan Vasco (19/11/1969), usaha Pele mencetak gol ke-1000 juga tidak mudah. Dia harus menghadapi Edgardo Andrada, kiper tangguh Vasco yang menjadi idola publik Maracana. Penampilan apik Andrada membuat Pele kesulitan. Hingga menit ke-75, kedudukan masih 1-1 dan Pele belum mencetak gol.

Pele bisa mengatasi tekanan itu tatkala tendangannya ke sisi kiri gawang bisa ditebak Andrada, tetapi bola meluncur deras ke gawang. Itulah gol ke-1000 atau O Milesimo Pele sepanjang kariernya.

Dia pun langsung mengambil bola dari jala gawang Andrada. Selain Pele merayakan kegembiraan, juru foto yang menyerbu masuk lapangan membuat laga terhenti.

Gol bersejarah itu membuat laga terhenti sekitar 25 menit. Hal itu juga tak lepas dari sejumlah suporter yang masuk dan hendak mempersembahkan Pele kostum Vasco bertuliskan 1000 di bagian punggung.

Pele mengambil kostum tersebut lalu berkeliling mengitari lapangan penuh haru.

Pele mendedikasikan gol tersebut untuk anak kecil di seluruh dunia, terutama yang mengalami ketidakberuntungan secara ekonomi. "Bantulah anak kecil dan orang-orang yang membutuhkan. Inilah keinginan saya pada momen spesial itu," ujar Pele.

Harapan Pele itu tak lepas kejadian yang dia lihat beberapa hari sebelum penciptaan O Milesimo.

"Kejadian yang saya alami itu membuat saya benar-benar khawatir dengan pendidikan di Brasil. Karena itu, hal pertama diingat saya setelah mencetak gol adalah meminta orang lain untuk membantu anak-anak dan yang membutuhkan," ucapnya.

Keesokan harinya, O Milesimo Pele menjadi tajuk utama di sejumlah surat kabar. Berita penciptaan rekor gol ke-1000 itu sama besarnya dengan keberhasilan Apollo 12 mendarat di bulan.

Catatan gol Pele tak berhenti di angka 1.000. Hingga gantung sepatu pada 1977, dia total mencetak 1.284 (sebagian data menulis 1.282 dan 1.283) gol.

Berdasar RSSF, Pele menjadi pencetak gol terbanyak keempat sepanjang sejarah sepak bola setelah Josef Bican (1.468), Gerd Mueller (1.461), dan pendahulunya, Arthur Friedenreich (1.324).

Artikel Tag: Pele, Gol Ke-1.000, FIFA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/kenang-46-tahun-silam-pele-cetak-gol-ke-1000
1866  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini