Jon Dahl Tomasson Resmi Jadi Pelatih 'Asing' Pertama Bagi Timnas Swedia

Penulis: Depe Ptr
Selasa 27 Feb 2024, 10:24 WIB
Jon Dahl Tomasson Resmi Jadi Pelatih 'Asing' Pertama Bagi Timnas Swedia

Jon Dahl Tomasson via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Mantan striker Denmark, Jon Dahl Tomasson ditunjuk sebagai manajer Timnas Swedia, kata FA Swedia pada Senin (26/02), menjadikannya sebagai pelatih asing pertama di negara itu.

Tomasson, yang baru-baru ini mengundurkan diri sebagai manajer tim kasta kedua Inggris, Blackburn Rovers, menandatangani kontrak yang mencakup keterlibatannya di kualifikasi Piala Dunia 2026, yang akan diperpanjang secara otomatis jika Swedia berhasil.

"Saya sangat menantikan untuk memulai tugas besar ini dan bertemu dengan suporter, pemain, dan tentu saja media di Swedia. Dan untuk bisa berpikir, berbicara, dan bermimpi dengan warna biru dan kuning," kata pria berusia 47 tahun itu.

Jon Dahl Tomasson mencatatkan 112 penampilan untuk Denmark dan mengambil alih posisi Janne Andersson yang meninggalkan peran tersebut menyusul kegagalan Timnas Swedia lolos ke Euro 2024 ketika mereka finis ketiga di grup mereka di belakang Belgia dan Austria.

Swedia mengakhiri perjalanan mereka di kualifikasi Euro 2024 dengan kemenangan 2-0 atas Estonia pada November tahun lalu, memberikan sentuhan emosional pada malam terakhir kepemimpinan pelatih Janne Andersson yang telah memimpin tim selama tujuh tahun.

Disaksikan oleh cucu-cucunya yang masih kecil dari tribun, Andersson melepas kacamatanya dan menghapus air matanya, saat lagu kebangsaan diputar untuk terakhir kalinya saat dia memimpin Swedia melawan Estonia.

Swedia finis di urutan ketiga, terpaut 10 poin dari juara grup Belgia dan sembilan poin di belakang Austria. Nasib mereka ditentukan sebulan lalu ketika Austria mengalahkan Azerbaijan 1-0, mengakhiri peluang Swedia untuk mencapai putaran final Euro 2024.

Artikel Tag: Jon Dahl Tomasson, Swedia, Timnas Swedia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/jon-dahl-tomasson-resmi-jadi-pelatih-asing-pertama-bagi-timnas-swedia
469  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini