Joachim Andersen Kritik VAR di Laga Denmark vs Jerman

Penulis: Fery Andriyansyah
Senin 01 Jul 2024, 00:30 WIB
Jerman mendapat hadiah penalti setelah bek Denmark, Joachim Andersen, menyentuh bola dengan tangannya

Jerman mendapat hadiah penalti setelah bek Denmark, Joachim Andersen, menyentuh bola dengan tangannya. (Foto: Marvin Ibo Guengoer - GES Sportfoto/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Joachim Andersen melontarkan kritik tajam terhadap VAR setelah dua keputusan kontroversial yang merugikan Denmark dalam kekalahan 2-0 dari Jerman di Euro 2024 pada Ahad (30/6) dini hari WIB.

Tuan rumah Jerman memastikan tempat mereka di perempat final Euro 2024 berkat gol dari Kai Havertz dan Jamal Musiala di babak kedua. Namun, teknologi VAR mencuri perhatian setelah membatalkan gol Joachim Andersen dan kemudian memberinya hukuman penalti karena handball di dalam kotak penalti.

Insiden pertama terjadi tak lama setelah babak kedua dimulai. Andersen tampak mencetak gol untuk Denmark, namun gol tersebut dianulir karena Thomas Delaney terperangkap offside. Tayangan ulang dari sistem offside semi-otomatis menunjukkan bahwa Delaney hanya sedikit berada di posisi offside.

Hanya beberapa menit kemudian, Andersen kembali terlibat dalam kontroversi. Umpan silang David Raum mengenai tangan Andersen di dalam kotak penalti. Wasit Michael Oliver awalnya menolak permintaan penalti, namun kemudian mengubah keputusannya setelah melihat tayangan ulang di monitor VAR. Havertz dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut, menaklukkan penjaga gawang Kasper Schmeichel dari jarak 12 yard.

Berbicara setelah pertandingan, Andersen meluapkan kemarahannya atas dua keputusan kontroversial tersebut. "Itu gila dan sama sekali bukan penalti. Saya tidak bisa berlari dengan tangan di belakang punggung dan bermain sepak bola," ujar bek tengah tersebut kepada TV2. "Raum berada setengah meter dari saya dan menendang bola ke arah tangan saya, jadi saya tidak dapat melihat apa yang dapat saya lakukan untuk mencegahnya."

Mengenai golnya yang dianulir, Andersen menambahkan: "Panggilan offside juga sulit untuk dilihat. Sangat minim sehingga Anda benar-benar harus mencarinya. Tetapi keputusan handball adalah yang paling gila yang pernah saya lihat. Margin menjadi penentu pertandingan. Jika gol kami disahkan, saya yakin kami akan memenangkan pertandingan."

Ketika ditanya apakah ia telah berbicara dengan wasit Oliver setelah keputusan tersebut, Andersen mengatakan: "Anda tidak dapat berbicara dengan wasit saat ini."

Artikel Tag: Joachim Andersen, Timnas Denmark, Timnas Jerman, EURO 2024, Piala Eropa 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/joachim-andersen-kritik-var-di-laga-denmark-vs-jerman
1907  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini