Imbas Putusan Kontroversial Wasit, Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC

Penulis: Dayat Huri
Selasa 16 Jan 2024, 16:15 WIB
Pemain timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Irak

Pemain timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Irak/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Asia: Timnas Indonesia melalui Manajer tim, Endri Erawan resmi melayangkan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Hal itu terkait gol kedua Irak yang diciptakan oleh Osama Rashid terus disahkan oleh wasit Tantashev Ilgiz.

Pertandingan perdana kedua tim Grup D Piala Asia 2023 Qatar tersebut berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin (15/1) malam WIB dan berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Irak.

Kontroversi terjadi saat Osama Rashid mencetak gol pada menit ke-45+7'. Rekaman menunjukkan Mohanad Ali berada dalam posisi offside sebelum gol tersebut, namun setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut tetap disahkan.

"Tentu kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Endri seperti dikutip dari laman resmi pssi.

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Sementara itu, gelandang timnas Indonesia Marselino Ferdinan juga kecewa dengan hasil ini, apalagi terkait disahkannya gol kedua tim Irak.

"Kami tidak beruntung di laga perdana ini. Seluruh pemain telah berjuang keras dan maksimal. Namun ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tapi jadi gol," kata Marselino Ferdinan.

Pada pertandingan itu, Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol satu-satunya Indonesia. Pemain asal klub KMSK Deinze Belgia tersebut mencetak gol pada menit ke-37'.

Selanjutnya timnas Indonesia akan melawan Vietnam pada pertandingan kdua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1) nanti dan menghadapi Jepang, Rabu (24/1). Dua laga tersebut, skuat Garuda wajib meraih poin untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Piala Asia, marselino ferdinan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/imbas-putusan-kontroversial-wasit-timnas-indonesia-layangkan-protes-ke-afc
207  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini