Gol Raphinha ke Gawang Las Palmas Seharusnya Tidak Dianulir

Penulis: Senja Hanan
Senin 15 Apr 2024, 09:58 WIB
Gol Raphinha ke Gawang Las Palmas Seharusnya Tidak Dianulir

Gol Raphinha ke Gawang Las Palmas Seharusnya Tidak Dianulir

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Spanyol: Barcelona belum menikmati musim terbaik dari sudut pandang wasit di musim 2023-24. Salah satu nya gol Raphinha yang dianulir saat melawan Las Palmas.

Berkali-kali, keputusan yang diambil bertentangan dengan tim Catalan, beberapa di antaranya berdampak langsung pada hasil dan tabel poin. Salah satu insiden tersebut, meskipun tidak berperan dalam hasil akhir, adalah gol Raphinha yang dianulir saat melawan Las Palmas bulan lalu. Pergerakan tersebut berasal dari boneka cantik Robert Lewandowski yang memberikan umpan kepada Fermin Lopez.

Pemain muda itu, dengan sentuhan pertamanya, melepaskan pemain Polandia itu di depan gawang. Dalam pertarungan yang terjadi antara Lewy dan Saul Coco, bola jatuh tepat ke tangan Raphinha yang posisinya offside. Pemain Brasil itu mencetak gol, dan gol tersebut dianulir karena offside, namun keputusan wasit mendapat banyak penolakan karena banyak yang merasa offside-nya harus dibatalkan mengingat bola mengenai kaki pemain Las Palmas.

Seperti yang diungkapkan Mundo Deportivo dalam laporannya baru-baru ini, alasan VAR menganulir gol pada malam itu adalah aturan yang direformasi baru-baru ini setelah final Nations League antara Spanyol dan Prancis. Permainan kontroversial antara Kylian Mbappe dan Eric Garcia pada malam itu menghasilkan kesimpulan bahwa jika seorang bek menguasai bola sebelum salah melakukan sapuan, posisi offside apa pun dari pemain lawan yang menerima bola akan dibatalkan.

Namun, jika pemain bertahan tidak memiliki kendali atas bola dan terpaksa melakukan sapuan karena sentuhan yang tidak diinginkan, maka tidak akan ada implikasi pada posisi offside lawan. Kembali ke pertandingan melawan Las Palmas, pejabat VAR Prieto Iglesias dengan tergesa-gesa memutuskan bahwa Coco terpaksa melakukan izin pada malam itu, sehingga menganggap Raphinha berada dalam posisi offside. Namun, tinjauan dari CTA (Komite Teknis Wasit) mengungkapkan bahwa gol Raphinha tersebut seharusnya sesuai dengan pembaruan terkini.

Tinjauan cermat terhadap permainan tersebut menunjukkan bahwa Lewandowski dan Coco berjuang sama untuk memenangkan penguasaan bola pada saat itu. Berbeda dengan skenario di Nations League di mana Garcia menyentuh umpan yang ditujukan kepada lawan, Coco sengaja mendorong bola ke jalur Raphinha dengan kontrol. Bahkan jika dia tidak memiliki kendali, itu hanya karena perselisihan yang setara dengan Lewandowski dan hal itu tidak ilegal dalam hal apa pun.

Oleh karena itu, posisi offside Raphinha seharusnya diabaikan dan gol seharusnya tetap berlaku. Namun demikian, Barcelona memenangkan pertandingan, yang akhirnya berkat gol Raphinha pada menit ke-60.

Artikel Tag: Raphinha, Barcelona, Las Palmas

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gol-raphinha-ke-gawang-las-palmas-seharusnya-tidak-dianulir
964  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini